Skip to main content

Search Modal

Ide Dibalik Logo Oval Toyota

Main Area

Main

Ide Dibalik Logo Oval Toyota

Logo Toyota berbentuk oval saat ini mempunyai sejarah panjang dibaliknya, dimana logo Toyota ini memiliki sebuah ide menarik yang bisa menjadi inspirasi banyak orang.

Logo oval Toyota pertama kali diperkenalkan pada Oktober 1989 sebagai peringatan usia 50 tahun perusahaan tersebut berdiri. Pengembangan logo baru ini memakan waktu sekitar lima tahun sebelum dipublikasikan, dimana logo ini didapat melalui lomba. Lomba desain logo Toyota ini telah digelar sejak tahun 1936 dan mendapat lebih dari 27.000 logo yang diperlombakan hingga terpilih logo saat ini.

 

Pada logo baru tersebut, Toyota melihat ada dua faktor yang diyakininya membawa masa depan yang cerah. Pertama ialah visual yang kuat sehingga mudah untuk dipahami oleh publik bahwa logo ini milik Toyota. Kedua ialah bentuk oval yang mirip sebuah bola dunia sebagai tanda Toyota siap untuk menjadi pemain otomotif internasional.

 

Bila diperhatikan, ada tiga bentuk oval pada logo Toyota yang digabungkan dalam susunan simetris horizontal. Dua oval yang berada di dalam oval besar merepresentasikan jantung pelanggan dan jantung perusahaan. Kedua oval tersebut tumpang tindih sebagai hubungan yang saling menguntungkan serta saling percaya antara perusahaan dan pelanggan.

 

Selain itu terlihat huruf ‘T’ pada dua oval di dalam oval besar tersebut yang merupakan simbol untuk Toyota. Sementara oval bagian luar atau paling besar melambangkan bola dunia yang merangkul Toyota didalamnya. Setiap oval mempunyai ketebalan yang berbeda dan mirip dengan seni kuas yang dikenal dalam budaya menulis Jepang. Seni kuas ini merupakan salah satu budaya Jepang yang dilestarikan hingga kini yaitu menulis huruf kanji diatas kanvas dengan media kuas dan tinta. Saat menulis dengan kuas tersebut, setiap huruf umumnya mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda yang kemudian dianggap sebuah teknik menulis khas Jepang.

 

Ruang kosong pada latar belakang logo menunjukkan nilai yang tak terbatas dan hendak disampaikan kepada pelanggan. Maksud dari nilai tak terbatas ialah kualitas yang sudah terbukti, produk yang bernilai dan melebihi harapan semua orang, rasa mengemudi yang menyenangkan, inovasi tiada henti, serta integritas dalam keselamatan, lingkungan dan tanggung jawab sosial.

 

Debut pertama Logo Toyota ini digunakan pada mobil Celsior yang diluncurkan pada Oktober 1989. Setelah itu semakin banyak model mobil baru yang menampilkan lambang Toyota ini.
 

Latest Article
Back to top