Skip to main content

Search Modal

Toyota Indonesia Tempati Posisi 4 Besar Kontributor Terbesar Penjualan Toyota Global Pada 2012

Main Area

Main

Toyota Indonesia Tempati Posisi 4 Besar Kontributor Terbesar Penjualan Toyota Global Pada 2012

Keberhasilan pencapaian rekor penjualan di atas 400.000 unit di pasar otomotif nasional sepanjang 2012, menempatkan Toyota Indonesia di posisi empat besar sebagai kontributor terbesar penjualan Toyota global, di luar pasar Jepang.

Pada tahun lalu, total penjualan Toyota global mencapai 8.717.375 unit, yang berasal dari pasar domestik Jepang sebanyak 1.692.228 unit, sedangkan sisanya 7.025.147 unit berasal dari penjualan global.

Di luar pasar domestik Jepang, Amerika Serikat tercatat sebagai pasar terbesar Toyota sepanjang tahun lalu dengan total penjualan 2,067 juta unit. Adapun, posisi lima besar diikuti oleh China sebanyak 840.467 unit, Thailand 516.086 unit, Indonesia 405.414 unit, dan Arab Saudi 300.595 unit.   

Sementara itu, posisi enam hingga sepuluh penjualan Toyota global ditempati oleh Australia sebanyak 225.015 unit, Kanada 192.058 unit, India 171.907 unit, Rusia 169.282 unit, dan Taiwan 123.412 unit.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menyebutkan pencapaian yang dicatatkan Toyota Indonesia sepanjang tahun lalu akan membuat posisi Indonesia semakin diperhitungkan di tataran pasar otomotif global.

“Pencapaian gemilang sepanjang tahun lalu semakin bermakna karena posisi Indonesia dianggap semakin penting bagi Toyota global. Sehingga, Toyota Indonesia mendapatkan kepercayaan dari principal Toyota Motor Corporation. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk komitmen investasi hingga Rp13 triliun dalam 5 tahun mendatang,” kata Johnny. 

Di masa yang akan datang, lanjutnya, cukup optimistis untuk terus turut berkontribusi dalam peringkat teratas  penjualan Toyota global. Hal itu didukung sejumlah faktor seperti populasi penduduk yang besar, pertumbuhan ekonomi yang mendorong peningkatan jumlah middle class segment, serta image Toyota yang semakin meningkat di pasar mobil domestik berkat kepercayaan dan kesetiaan pelanggan.

Sepanjang tahun lalu, Toyota berhasil mengakhiri tahun dengan mencatatkan hasil menggembirakan, bahkan mencetak pencapaian rekor terbaru dalam dunia otomotif di Tanah Air.

Kendati 2012 tercatat sebagai tahun penuh tantangan bagi industri otomotif nasional, untuk pertama kalinya, Toyota berhasil menembus penjualan di atas 400.000 unit, dengan market shares 36,3%. Pencapaian 2012 mencatatkan pertumbuhan 30,5% dibandingkan dengan 2011 sebanyak 310.674 unit.

Lebih lanjut, dia menyebutkan hasil gemilang pada 2012 tidak terlepas dari dukungan para pelanggan. Toyota, tuturnya, sangat bersyukur pelanggan merespon dengan positif upaya Toyota untuk menghadirkan layanan dan produk terbaik bagi pelanggan.

Berkat dukungan pelanggan pula, sambungnya, Toyota memimpin di 10 segmen kendaraan, yakni Yaris di medium compact car, Fortuner di high SUV 4x2, Rush di medium SUV, Alphard di luxury MPV, Kijang Innova di medium MPV, Avanza di low MPV, Camry di medium sedan, Corolla di low sedan, Vios di entry sedan, dan Hi Ace di commercial van.

“Pencapaian ini juga diraih berkat dukungan dan masukan dari pelanggan serta komunitas yang memacu Toyota selalu melakukan kaizen (perbaikan terus-menerus), demi memberikan hanya yang terbaik sesuai kebutuhan pelanggan,” urainya.

 


Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Dimas/Seren/Dwi/Aryo

Media Relation

Corporate Planning & Public Relation

PT. Toyota-Astra Motor

Telp: (021) 651-5551 ext. 2280/2266 Fax: (021) 651-5231

Email:
dimas.aska@toyota.astra.co.id;

serenade.miolo@toyota.astra.co.id;

dwi.astuti@toyota.astra.co.id;

aryo.yudhias@toyota.astra.co.id

Latest Article
Back to top