Skip to main content

Search Modal

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Langsung Buka Musim Balap Regional dengan Dua Kemenangan di GT World Challenge Asia Japan Cup 2025 Kelas GT4

Main Area

Main

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia Langsung Buka Musim Balap Regional dengan Dua Kemenangan di GT World Challenge Asia Japan Cup 2025 Kelas GT4

Jakarta (16/6) TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) membuka penampilan pertama di balap regional musim 2025 dengan menguasai Kelas GT4 back-to-back di gelaran Japan Cup 2025 seri pertama dan kedua di Sportsland Sugo Circuit Jepang, Jumat–Minggu (13-15/6). Pembalap TGRI Haridarma Manoppo (Indonesia) dan Seita Nonaka (Jepang), kembali berada di balik kemudi race car GR Supra GT4 Evo 2 yang mendapatkan beberapa sentuhan teknis dibanding musim lalu.

 

“Selamat kepada TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) yang berhasil membuka musim balap 2025 dengan double podium pertama lomba Grand Touring Jepang untuk kembali mengharumkan nama bangsa di kancah balap touring regional. Pembalap TGRI Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka, bertarung flat-out dengan mobil balap GR Supra GT4 Evo 2, sehingga mendominasi kedua seri pembuka Japan Cup 2025. Semoga prestasi keduanya dapat terus dipertahankan dengan target mendapatkan gelar juara pertama pembalap dan tim Japan Cup 2025,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.

 

Improvement pada GR Supra GT4 Evo 2

 

Bagian dari GT World Challenge Asia (GTWCA) 2025, TGRI berlaga di event yang khusus diselenggarakan di Jepang yakni Japan Cup 2025 di kelas GT4, yang akan berlangsung dalam 8 seri kejuaraan back-to-back. Balap touring car kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara. Toyota GR Supra GT4 Evo 2 dilengkapi mesin 3.000 cc 6-silinder single twin-scroll turbocharger yang sudah di-upgrade performanya oleh GR sehingga menghasilkan tenaga 430 dk dan torsi 650 Nm.

 

Secara khusus, sistem rem ABS telah disetel ulang melalui pengujian oleh pembalap-pembalap di sirkuit di Jepang dan Eropa yang memungkinkan pengereman dan manuver di tikungan yang optimal berdasarkan jenis dan keausan ban serta kondisi lintasan. Waktu perpindahan gigi ke bawah (downshift) telah dikurangi dengan menyempurnakan setelan putaran mesin melalui pembaruan software, sehingga meningkatkan kontrol deselerasi selama pengereman untuk menjaga kecepatan menikung.

 

Selain meningkatkan performa pendinginan mesin, rem, dan drivetrain, suhu kokpit telah dioptimalkan untuk membuat pembalap merasa lebih nyaman dan mobil lebih mudah dikendarai bahkan dalam kondisi yang sulit.

TGRI Raih Podium Pertama di Dua Seri Awal Japan Cup 2025

 

Pada lomba grand touring car Japan Cup 2024, Haridarma Manoppo yang berduet dengan Seita Nonaka (TGR Driver Challenge Program) nyaris menjadi juara championship. Namun setelah melewati pertarungan yang sengit, TGRI mengakhiri musim dengan menjadi juara ke-3 pembalap dan tim Kelas GT4. Dua seri awal Japan Cup 2025 di Sportsland Sugo Circuit, menjadi tes perdana bagi TGRI yang memasang target finish pertama Kelas GT4 dengan improvement yang konsisten dan positif di setiap lap time.

 

Hasilnya membanggakan, kedua pembalap berhasil mengamankan pole position Kelas GT4. Haridarma sanggup mencatatkan waktu tercepat kedua, sementara Seita meraih superpole di sirkuit sepanjang sekitar 3,7 km dengan kontur lintasan naik-turun dan baru di-resurface sehingga sangat grippy, Sabtu (14 /6). Posisi start pertama jelas sangat menguntungkan bagi duo pembalap TGRI.Start dari posisi ke-1 di race pertama hari Minggu (15/6), Haridarma dan Seita tidak menyia-nyiakan kesempatan dan langsung all out mempertahankan posisi terbaik untuk finish di posisi pertama dengan waktu tempuh 1:01:45.256.

 

Memulai race ke-2 dengan rasa percaya diri tinggi, Haridarma dan Seita berusaha menjaga pace mobil supaya dapat bertahan di depan dari gempuran pembalap-pembalap lain. Peningkatan performa dan handling mobil dapat dimanfaatkan oleh kedua pembalap dengan baik. TGRI akhirnya menuntaskan balap dengan mempertahankan Podium Pertama Race ke-2 Kelas GT4 Japan Cup 2025 Seri ke-1 dan ke-2 dengan overall lap time 1:01:30.520.

 

“Partisipasi TGRI tahun lalu merupakan bekal terbaik untuk berkompetisi, didukung oleh mobil balap GR Supra GT4 EVO 2 yang diracik beberapa modifikasi performa dan handling. Waktu adapatasi sanggup kami manfaatkan dengan efektif berkat rekam-jejak Seita di balap domestik. Pengalaman berlaga di sirkuit yang sama dan setting engineer TGRI, terbukti efektif meningkatkan performa race car ini yang diganjar dua podium pertama berurutan. Semoga kami tetap tampil konsisten untuk menggapai target gelar juara pembalap dan tim Japan Cup 2025,” jelas Pembalap TGRI, Haridarma Manoppo.

 

“Kami terus mendukung pembalap TGRI berlaga event regional untuk meningkatkan skill dan prestasi sekaligus mengharumkan nama Indonesia dengan prestasi yang diraih. Kami bangga pembalap TGRI langsung berjuang pada balap touring Kelas GT4 di dua seri awal Japan Cup 2025 dan meraih juara pertama back-to-back. Semoga prestasi ini dapat dilanjutkan di seri berikutnya untuk mempersembahkan trophy juara musim ini kepada seluruh car enthusiast di Indonesia,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

 

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi

 

Philardi Sobari (Ogi)

Head of Public Relation

PT Toyota-Astra Motor

Press Room Website: http://pressroom.toyota.astra.co.id/

Telp: (021) 651-5551 ext. 3827

Fax : (021) 651-5231

Latest Article
Back to top