Rekam Jejak Sejarah Toyota Fortuner di Indonesia, Diawali Mesin Bensin dan Terus Berkembang Hingga Mendapatkan Sentuhan GAZOO Racing
Toyota Fortuner mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2005. High SUV ini masuk ke dalam skema IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) yang diinisiasi pada tahun 2002, bersama Kijang Innova (MPV), dan Hilux (Pick-Up).
Di awal millenium kedua tersebut, Indonesia sedang mengakselerasi pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah. Dibutuhkan mobil yang tangguh di segala kondisi jalan namun tetap fungsional sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasar konsumen hingga pelosok negeri.
Kehadiran Fortuner mendapatkan respons yang positif lantaran memiliki penampilan yang begitu memikat. Ke dalam, ia memiliki kapasitas 7-penumpang yang cocok untuk keluarga Indonesia. Hadir dengan style gagah dan modern, membuatnya dapat memenuhi selera konsumen lokal.
Pilihan mesin yang hadir di awal justru unit gasoline 2TR-FE 2.694 cc 4-silinder VVT-i bertenaga 160 PS dan torsi 246 Nm, serta opsi transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Tersedia opsi penggerak 4 roda (4x4) pada tipe 2.7 V yang bisa diubah menjadi 4x2 via tuas di sisi tuas transmisi.
Pada tahun 2007, Fortuner diproduksi secara Completely Knock Down (CKD) untuk memenuhi pasar dalam negeri yang terus meningkat dan tidak lagi diimpor utuh dari Thailand. Fortuner bermesin diesel turut hadir dengan torsi berlimpah, irit solar dan durabilitas tinggi.
Menggunakan mesin 2KD-FTV 2.500 cc D4-D bertenaga 102 PS dan torsi 265 Nm, Fortuner diesel juga mendapatkan respons yang positif, bahkan mengungguli penjualan Fortuner bensin sebagai pilihan utama konsumen hingga sekarang.
Fortuner menyegarkan wajahnya di tahun 2008. Tahun berikutnya, flagship Fortuner TRD Sportivo masuk ke pasar. Di tahun yang sama, Fortuner diesel memperoleh transmisi otomatis 4-speed ECT.
Fortuner kembali menyegarkan wajahnya di tahun 2011. Grand New Fortuner, tampil dengan rupa yang lebih sporty dan dinamis tanpa menanggalkan sosok gagah dan tangguh.
Perluasan kebutuhan tersebut membuat Toyota mengganti unit diesel berteknologi D4-D dengan unit serupa dengan teknologi VNT (Variable Nozzle Turbocharger) bertenaga 145 PS di 3.400 rpm dan torsi 344 Nm di 1.600-2.400 rpm pada tahun 2012.
Generasi Kedua yang Memperkuat Positioning Toyota Fortuner
Di tahun 2016, Toyota memperkuat DNA tangguh Fortuner dengan memasang all new engine 2GD-FTV 2.392 cc 4-silinder dengan teknologi turbo variabel VNT Intercooler bertenaga 149,6 PS di 3.400 rpm dan torsi 400 Nm di putaran serendah 1.600–2.000 rpm. Transmisi otomatis 6-speed yang halus dan responsif membuatnya fun to drive untuk berbagai mobilitas.
Desain Fortuner Generasi ke-2 memiliki konsep desain ‘Keen Look’ seperti model Toyota modern lainnya saat itu. Selain tuas paddleshift, kenyamanan berkendara diperkuat dengan sematan mode berkendara yang terdiri atas pilihan mode Eco, Normal, dan Power.
Dari sisi safety, seluruh bangku sudah ada seatbelt bersama dual dan knee airbags di depan, rem ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Model 4x4 punya fitur pendukung seperti kontrol traksi, kontrol di jalan menurun, differential lock, trailer sway control, dan tambahan side & curtain shield airbags.
Di tahun 2019, Toyota memperkuat karakter Fortuner TRD Sportivo yang sporty dan tangguh. Improvement yang dilakukan di sejumlah titik membuat penampilan Fortuner TRD Sportivo semakin kokoh. Fitur Power Back Door with Kick Sensor memberikan kemudahan akses ke bagasi.
Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan langkah PT TAM untuk mengembangkan Fortuner sesuai filosofi making ever-better cars. Toyota melakukan sentuhan-sentuhan segar supaya High SUV ini mampu memenuhi kebutuhan konsumen agar selalu tampil terdepan di tahun 2020.
Toyota melakukan improvement pada eksterior Fortuner agar tampil kian prestisius dan tangguh. Fitur Power Back Door dimanfaatkan juga oleh tipe SRZ dan VRZ. Ia menggunakan bahan kulit hitam di interior, kecuali tipe G dengan bahan fabric dark grey. Pertama di segmen High SUV, terdapat fitur wireless charger bersama NFC dan Bluetooth pada head unit.
Fortuner mengadopsi Variable Fluid Control (VFC) pada power steering tipe TRD, VRZ, dan G untuk membuatnya semakin mudah dan nyaman dikendalikan di berbagai tingkat kecepatan dan medan berat.
Fitur Surround Monitor terdiri atas Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalur yang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendeteksi objek bergerak di sekitar mobil, dan Headway Monitoring Warning (HMW) untuk memantau jika ada mobil lain masuk ke dalam area safety New Fortuner.
Mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc bertenaga 149,6 PS dan torsi 400 Nm memperoleh sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat, serta adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa sehingga lebih irit solar.
Fortuner GR Sport Hadir di Tahun 2021
Memahami bahwa pelanggan memiliki ketertarikan terhadap karakter sporty yang kuat khas brand GAZOO Racing (GR), Toyota memperluas pilihan dengan menghadirkan produk yang dibekali DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing, termasuk Fortuner GR Sport pada Agustus 2021.
SUV ini memancarkan aura sporty berkat sentuhan GR Side Sticker dan GR Grade Emblem. Fortuner GR Sport dibekali fitur Adaptable Auto A/C with Dual Zone GR Opening (GR Sport) on Advanced 9” Head Unit Display, GR Engine Start/Stop Button, GR Steering Wheel, dan GR Headrest Cover.
Mesin Diesel 2.800 cc yang Powerful dan Berkarakter
Memasuki tahun 2022, Toyota memperkenalkan New Fortuner yang kini dibekali dengan mesin diesel baru berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS di 3.000–4.000 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.600–2.800 rpm.
Mesin 2GD-FTV 2.393 cc 4 silinder VNT Intercooler bertenaga 149,6 PS di 3.400 rpm dan torsi 400 Nm di 1.600–2.000 rpm masih dimanfaatkan, termasuk transmisi otomatis 6-speed dengan rasio final gear berbeda, di mana rasio gigi akhir 2GD 4,100:1, sedangkan mesin 1GD rasio gigi akhirnya 3,909:1.
Dari sini terbaca selisih tenaga dan torsi yang cukup besar antara mesin 2GD dan mesin 1GD. Bedanya lebih dari 36% untuk tenaga dan sekitar 25% untuk torsi. Hasilnya adalah figur akselerasi yang terpaut cukup jauh antara keduanya.
Catatan menunjukkan akselerasi 0–100 km/jam mesin 2GD adalah 14 detik, sedangkan mesin 1GD hanya 11,9 detik. Sementara untuk akselerasi 60–80 km/jam, mesin 2GD membutuhkan waktu 3,7 detik dan mesin 1GD hanya 2,8 detik.
New Fortuner Mendapatkan Sentuhan GR Sport yang Fun to Drive
New Fortuner 2.8 GR Sport 4x4 with TSS tampil lebih sporty dan elegant, dilengkapi GR Performance untuk meningkatkan kualitas berkendara khas GR dan Toyota Safety Sense (TSS) untuk menjaga keamanan berkendara.
New 9-inch Audio System menggunakan OS Android yang dilengkapi fitur Bluetooth, NFC Checking, dan Voice Command. Baris ke-2 dilengkapi New 11.6-inch Rear Seat Entertainment (RSE) yang bisa diakses secara terpisah. Sistem audio ini menjadi salah satu backbone peningkatan kemampuan T Intouch.
Aplikasi Monotube Suspension Tuned by GR, meningkatkan pengendalian dan kenyamanan sehingga New Fortuner tidak mudah limbung di medan on-road maupun off-road. Red Brake Caliper kaliper memberikan performa dan feeling pengereman yang lebih sporty. Pengemudi semakin yakin atas keandalan rem SUV ini dan yakin atas kemampuannya di berbagai kebutuhan pengereman sekaligus menjelaskan positioning GR Family.
New Fortuner 4x2 with GR Parts Aeropackage diperbarui dengan New Front Bumper Spoiler dan New Foglamp Garnish, New Body Stripes, New Alloy Wheel, dan New Rear Bumper Spoiler. New 9-inch Audio System sama seperti varian 4x4. Tipe 2.4 G M/T dan A/T tidak mendapatkan facelift, hanya tambahan Portable Tire Inflator seperti grade lainnya.
Varian 2.8 dengan mesin diesel 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler menghasilkan tenaga 203,9 PS pada 3.000–4.000 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.600 – 2.800 rpm. Varian gasoline 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i menghasilkan tenaga 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi 245 Nm pada 4.000 rpm.
Transmisinya sama dengan milik 1GD dan 2GD yakni otomatis 6-speed Sport Sequential Switchmatic. Transmisi manual 6-speed disematkan pada tipe 2.4 G M/T.
Peningkatan Kemampuan Teknologi T Intouch
Seluruh model New Fortuner peningkatan kemampuan fitur T Intouch. Pelanggan dapat memanfaatkan teknologi canggih ini dalam dua kategori. Kategori pertama pada Out-of-Car Connectivity yang dapat diakses melalui fitur T Intouch di aplikasi mToyota.
Pada kategori In-Car Connectivity yang dapat diakses melalui Connected Head Unit dan Connected RSE, pelanggan dapat menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui head unit di mobil dalam situasi darurat.
In-Car Connectivity juga menghadirkan In-Car Wifi Hotspot berbasis jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel terluas di Indonesia dan tersedia secara gratis untuk periode 3 bulan pertama secara terbatas. Wifi Hotspot diakses lewat head unit dan RSE.
Toyota Safety Sense pada New Fortuner
New Fortuner dilengkapi advanced safety technology Toyota Safety Sense (TSS) pada tipe yang memilikinya. Active safety features yang dipasang adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).