Skip to main content

Search Modal

Toyota Eco Journey & GR Trackday:  Spesifikasi GR Pure yang Diuji Coba oleh Jurnalis di Sirkuit Mandalika, Berikan Joy & Excitement of GR Selama 2 laps

Main Area

Main

Toyota Eco Journey & GR Trackday: Spesifikasi GR Pure yang Diuji Coba oleh Jurnalis di Sirkuit Mandalika, Berikan Joy & Excitement of GR Selama 2 laps

Bagian dari Toyota Eco Journey & GR Trackday, rekan media mendapatkan kesempatan untuk test drive GR Pure di Sirkuit Mandalika, Rabu (2/12). Total ada 5 unit yang digunakan: GR Yaris MT, GR Supra, GR Corolla serta dua unit GR86 MT dan AT yang dapat dipacu selama 2 laps.

“Road train people, people make cars” menjadi arahan bagi GAZOO Racing (GR) untuk mengembangkan mobil sport yang tidak hanya kencang, tapi juga bisa diterima dengan baik di jalan raya dengan tantangan yang berbeda 180 derajat dari sirkuit balap. “Go where customer goes”, begitu filosofinya.

GR Supra: Sports Car Pertama di Bawah Bendera GR

GR Supra langsung memikat para sportscar dan motorsport enthusiast bermodalkan penampilan khas retro sportscar ikonik, serta performance luar biasa dan driving experience yang sangat menghibur siapapun di balik kemudi.

Pengujian tanpa lelah melahirkan tiga elemen kunci: jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity). Keseimbangan tiga elemen ini membuat GR Supra terasa begitu fun to drive di berbagai kondisi jalan, bahkan saat jalan santai sekalipun.

New GR Supra mengadopsi mesin powerful 3.000 cc 6-silinder inline yang secara spartan sanggup menghasilkan tenaga 350 PS pada 5.000-6.500 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.600-4.500 rpm.

TGR melakukan fine tune AVS terkait karakter redaman shock absorber untuk meningkatkan roll balance dan ride comfort untuk meningkatkan feeling dan kendali kemudi ketika pushing to the limit. Modifikasi pada bushing stabilizer untuk meningkatkan respons awal kemudi.

GR Yaris: Metode Reverse Engineering dari Balap Rally Global

GR Yaris dikembangkan menggunakan metode reverse engineering. Toyota membangun kendaraan rally yang cocok untuk kebutuhan motorsport dan kemudian disesuaikan lebih lanjut untuk versi produksi massal supaya tetap dapat dipakai setiap hari.

Evolusi GR Yaris hadir di awal tahun 2024. GAZOO Racing Direct Automatic Transmission 8-speed memberikan kenikmatan berkendara pada sebuah mobil matik. Kinerjanya bisa memaksimalkan penggunaan di track karena shifting lebih cepat untuk memperluas pengguna GR Yaris ke pengemudi harian.

Hot Hatch ini dipersenjatai mesin G16E-GTS 1.600 cc 3 silinder direct injection turbocharger disertai penggerak 4 roda (4WD) GR-FOUR. Power-nya menyentuh angka 305 PS pada 6.500 rpm, sementara torsinya 400 Nm pada 3.250-4.600 rpm. Mode berkendara baru juga tersedia untuk berkendara sporty dan mobilitas sehari-hari.

GR86: Pewaris DNA Toyota 86 yang Legendaris

Kunci utama kekuatan GR86 ada pada pengendalian yang begitu akurat dan lincah, sekaligus sanggup memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan. Sports car yang juga memiliki julukan “Hachi-Roku” dalam bahasa Jepang yang berarti 86, begitu fun to drive bagi siapapun pengemudinya.

GR86 mengekspresikan layout mesin depan dan penggerak roda belakang dengan mengadopsi style yang merujuk pada mobil sport klasik Toyota seperti Corolla 2000GT dan AE86, dengan cirikhas ruang mesin lebih panjang, kabin kompak, dan bodi lebar.

Sports car ini memiliki mesin 4-silinder dengan kubikasi 2.387 cc. Tenaga GR86 adalah 235 PS pada 7.000 rpm, dimana torsinya 250 Nm pada 3.700 rpm. Distribusi tenaga merujuk pada rekam jejak sports car Toyota dengan Rear Wheel Drive (RWD), ditambah Torsen limited-slip differential untuk traksi yang meyakinkan saat menikung.

GR Corolla: Si Bungsu di Keluarga GR Pure

Paling bungsu di keluarga GR Pure, GR Corolla mengandalkan mesin turbo G16E-GTS serupa milik GR Yaris. Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan electronic multi-plate clutch, memberikan pembagian penggerak roda depan dan belakang dengan 3 pilihan rasio (Front:Rear), yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70.

Torsen Slip Differential pada setiap as roda meningkatkan handling, traksi ban, dan mengoptimalkan distribusi torsi ke roda kiri dan kanan sesuai kondisi jalan dan driving style. Transmisi manual 6-speed iMT (Intelligent Manual Transmission) dengan short-shifter pintar menyajikan perpindahan gigi yang halus dan responsif.

Untuk fungsionalitas terbaik, GR Corolla mempertahankan layout klasik hatchback yakni lima pintu dan lima penumpang sehingga pas untuk mobilitas sehari-hari. Sekaligus, memberikan tampang yang sangat menggoda para pecinta sports car dan menjamin road performance yang melampaui bayangan.

Latest Article
Back to top