Skip to main content

Search Modal

Toyota Eco Journey & GR Trackday:  Ragam Aktivitas yang Dilakukan Jurnalis di Sirkuit Mandalika, Memacu Semua GR Pure dan Merasakan Sensasi Balap Touring Agya GR Sport

Main Area

Main

Toyota Eco Journey & GR Trackday: Ragam Aktivitas yang Dilakukan Jurnalis di Sirkuit Mandalika, Memacu Semua GR Pure dan Merasakan Sensasi Balap Touring Agya GR Sport

Bagian dari Toyota Eco Journey & GR Trackday, rekan media mendapatkan kesempatan ‘bermain’ bersama produk GAZOO Racing (GR) di Sirkuit Mandalika, NTB. Berbeda dari pengujian hari sebelumnya yang fokus pada performa Hybrid EV di jalan raya, sekarang mereka akan test drive di lintasan balap yang sesungguhnya.

 

1. Lampaq di Sirkuit Mandalika

Dalam bahasa Sasak, "Lampaq" berarti berjalan kaki atau jalan-jalan. Sesuai dengan namanya, program ini memungkinkan rekan media untuk berjalan kaki mengelilingi lintasan sirkuit sepanjang 4,3 km. Unik dan menyenangkan, setiap sudut tikungan dapat terlihat dengan jelas sekaligus menikmati panorama alam yang indah.

Selain itu, tersedia juga opsi berkeliling menggunakan sepeda atau naik mobil trailer yang telah dimodifikasi oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA), memberikan pengalaman berbeda dalam menjelajahi sirkuit kebanggaan Indonesia ini. Uniknya, Toyota Fortuner dipakai untuk menarik trailer khusus tersebut.

 

2. Uji Performa Agya GR Sport dengan Spek Balap ITCR 1200

Agya GR Sport yang digunakan, sudah race-ready dan memiliki spesifikasi teknis setara mobil balap TGRI yang berlaga di ajang ITCR 1.200. Mencakup perubahan pada rem, suspensi, pelek, knalpot, interior, kursi dan sabuk pengaman, setir, serta roll-cage standar balap untuk meningkatkan keamanan.

Krida Toyota, satu-satunya dealer resmi Toyota di wilayah NTB, yang menyediakan mobil yang juga merupakan bagian dari program Arrive and Drive bersama pengelola Sirkuit Mandalika. Terbuka untuk umum, Toyota memberikan kesempatan bagi para penggemar balap untuk menyewa Agya GR Sport tersebut untuk track day.

 

3. Test Drive GR Pure Langsung di Sirkuit Balap

Total ada 5 unit GR Pure yang digunakan: GR Yaris MT, GR Supra, GR Corolla serta GR86 MT dan AT. Semuanya siap menghadirkan puncak dari Joy & Excitement of GR yang bisa dirasakan langsung oleh para jurnalis langsung dari balik kemudinya selama 2 putaran.

Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan, dengan 11 ke arah kanan dan 6 ke arah kiri, yang ideal bagi para pembalap untuk saling overtake. Dengan panjang 4,31 km, jalur utama sejauh 507 meter menawarkan aksi seru di tikungan pertama.

Akselerasi yang kuat dengan perpindahan gigi yang akurat, memastikan mobil dapat melaju kencang dan tetap di bawah kendali. GR Pure mencapai top speed di track lurus karena tenaganya tersalurkan rata di setiap rentang putaran mesin.

Kinerja rem yang andal sanggup mengurangi laju mobil sampai di batas aman untuk masuk belokan. Mengikuti racing line dengan cepat, kemauan pengemudi sanggup dituruti dengan pas dan tidak ragu akan hilang keseimbangan. Keluar tikungan tanpa body roll dan langsung gas pol menuju belokan berikutnya.

Deretan mobil sport yang lahir dari aktivitas motorsport ini, mampu dipacu di sirkuit oleh pengemudi harian sekalipun. Tidak perlu banyak mengubah seting mobil, tidak perlu banyak belajar mengemudi race car karena semuanya race ready, dan tetap santun untuk mobilitas setiap hari.

 

4. Uji Coba Hybrid EV di Lingkungan Sirkuit Mandalika

Jurnalis yang belum puas dengan pengetesan HEV di hari pertama, dapat melanjutkannya di lingkungan sirkuit. Dengan kualitas aspal yang memadai dan track luas, mereka dapat menguras performa mobil hybrid Toyota yang disiapkan. Rekan media membuktikan bahwa eficiency dan excitement dapat bersanding dengan baik di kendaraan elektrifikasi Toyota.

 

Latest Article
Back to top