Skip to main content

Search Modal

Toyota Eco Journey & GR Trackday:  Daftar Mobil Balap yang Mengantarkan TGRI Meraih Berbagai Gelar Juara Nasional dan Regional 2025

Main Area

Main

Toyota Eco Journey & GR Trackday: Daftar Mobil Balap yang Mengantarkan TGRI Meraih Berbagai Gelar Juara Nasional dan Regional 2025

Kehadiran tim TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) sejalan upaya Toyota untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung inisiatif positif Pemerintah yang sedang mengembangkan motorsport, dengan menghadirkan sirkuit baru dan menyelenggarakan berbagai ajang balap dunia.

Di musim 2025, TGRI berpartisipasi di beberapa ajang motorsport bergengsi. Di ajang touring car ISSOM, TGRI mengandalkan Agya GR Sport di Kejurnas ITCR 1200, yang juga dipakai di Kejurnas Slalom. Spesial di Kejurnas Rally dan Sprint Rally, GR Yaris AP4 berlaga di awal musim dan digantikan oleh GR Yaris Rally2 yang lebih kompetitif. Di event touring regional Japan Cup 2025, GR Supra EVO2 menjadi andalan TGRI.

Profil Singkat Agya GR Sport

Sporty Hatchback ini dibangun di atas all-new platform monocoque yang dikembangkan bersama suspension system, sehingga sanggup meredam guncangan jalan dengan optimal, fleksibel terhadap kondisi sirkuit yang dinamis, handling lebih lincah, mobil lebih stabil, dan peluang body roll lebih kecil dengan target meningkatkan driving quality melampaui kelasnya.

Agya GR Sport memperoleh rombakan sesuai regulasi di masing-masing kelas Kejurnas Slalom dan ITCR 1200 yang diikuti. Namun pada dasarnya, terdapat perubahan pada rem, suspensi, pelek, knalpot, interior, kursi dan sabuk pengaman, setir, serta roll-cage standar balap untuk meningkatkan keamanan.

Hasilnya luar biasa, mobil anak muda ini mengantarkan TGRI menyapu bersih 6 gelar juara nasional yang diikuti di Kejurnas Slalom 2025: Kejurnas Team A, Kejurnas Group A, Kejurnas Group F, Kejurnas Team F, Kejurnas Tandem, dan Kejurnas Wanita. Untuk ITCR 1200 masih menjalankan satu seri lagi bulan ini.

Profil Singkat GR Yaris Rally2

Bersama GR Yaris AP4 yang telah bertarung bersama sejak tahun 2022, TGRI telah menabung poin penting dengan merebut Podium Pertama Kejurnas Sprint Rally 2025 Seri ke-2. Selanjutnya, tugas diserahkan kepada GR Yaris Rally2 yang lebih kompetitif.

GR Yaris Rally2 dikembangkan dan diproduksi oleh produsen mobil atau tuner yang terkait langsung, dan dijual ke berbagai tim atau pemilik individu. Sasis dan mesin mobil Rally2 harus memanfaatkan model produksi dengan volume lebih dari 2.500 unit, dimana tampilan serta desain eksteriornya wajib mencerminkan mobil asli yang menjadi basisnya.

GR Yaris Rally2 mengikuti spesifikasi terperinci terkait sasis, output mesin, transmisi, suspensi, dan perlengkapan safety. Tim dan pembalap yang menggunakan ‘jasanya’ juga harus mematuhi standar yang ditetapkan oleh FIA untuk memastikan keamanan semua peserta di lintasan, serta menjaga kompetisi yang adil dan setara.

Basic mesin masih sama dengan GR Yaris produksi massal 3-silinder segaris 1.618,2 cc turbocharger, dengan manajemen mesin Bosch Motorsport ECU dan Limited-slip differential spesifikasi balap. Sentuhan diberikan pada mesin, sasis, sistem suspensi, dan rem untuk meningkatkan performa dan keamanan ketika berlomba. Hasilnya, TGRI memastikan gelar Juara Nasional Kejurnas Sprint Rally 2025.

Profil Singkat GR Supra GT4 EVO2

Setelah tahun lalu mengandalkan GR Supra GT4, tahun ini TGRI berlaga di event Japan Cup dengan menggunakan GR Supra GT4 EVO2. Race car ini telah mendapatkan rombakan oleh TOYOTA GAZOO Racing (TGR) agar lebih kompetitif di lintasan dan lebih adaptif mengikuti karakter pembalapnya.

Dengan pendekatan “driver-first car-making”, sistem rem ABS telah disetel ulang melalui pengujian oleh pembalap-pembalap di sirkuit di Jepang dan Eropa yang memungkinkan pengereman dan manuver di tikungan yang optimal berdasarkan jenis dan keausan ban serta kondisi lintasan.

Waktu perpindahan gigi ke bawah (downshift) telah dikurangi dengan menyempurnakan seting putaran mesin melalui pembaruan software, sehingga meningkatkan kontrol deselerasi selama pengereman untuk menjaga kecepatan menikung.

Selain meningkatkan performa pendinginan mesin, rem, dan drivetrain, suhu kokpit telah dioptimalkan untuk membuat mobil lebih mudah dikendarai bahkan dalam kondisi yang sulit, sehingga membantu mempertahankan performa tingkat tinggi.

Peningkatan ini membuat GR Supra GT4 EVO2 lebih mudah dikendarai tidak hanya oleh pembalap profesional, tetapi juga pembalap amatir yang berambisi berkompetisi dalam balapan GT4 di seluruh dunia. Hasilnya, duo pembalap TGRI berhasil menjuarai semua 8 seri lomba Japan Cup 2025 Kelas GT4 dan dinobatkan sebagai champion winner.

Latest Article
Back to top