Skip to main content

Search Modal

Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 "Toyota Perkuat Komitmen Hadirkan Ever-Better Cars Dengan Tinjau Langsung Kondisi Jalan dan Kebutuhan Konsumen di Indonesia"

Main Area

Main

Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 "Toyota Perkuat Komitmen Hadirkan Ever-Better Cars Dengan Tinjau Langsung Kondisi Jalan dan Kebutuhan Konsumen di Indonesia"

Surabaya (15/11) – Setelah menempuh perjalanan panjang lebih dari 1.000 km dari Jakarta selama 4 hari (12–15/11), rombongan principal Toyota Motor Corporation (TMC) beserta perwakilan dari Toyota Indonesia yang tergabung dalam project Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020, akhirnya tiba di kota Surabaya yang merupakan tujuan akhir dari project yang mengusung semangat Genchi Genbutsu untuk mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya ini di Indonesia. Melalui project 5 Continents Drive, Toyota berkomitmen untuk terapkan pelajaran berharga yang mereka dapatkan setelah mengemudi secara langsung di berbagai kondisi jalanan Indonesia, khususnya pulau Jawa, beserta dengan keragaman kebutuhan stakeholders Toyota terhadap mobilitas yang mereka lihat dan dengar secara langsung, sebagai modal utama untuk mewujudkan impian “Making Ever-better Cars Together for Today and Tomorrow”.

 

“Kami ucapkan selamat kepada rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 yang bermodalkan semangat Genchi Genbutsu untuk mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya, telah berhasil menyelesaikan perjalanan panjang sejauh 1.000 km di Indonesia. Kami harapkan berbagai kondisi infrastruktur jalan, kultur berkendara yang unik, dan keberagaman kebutuhan konsumen di Indonesia dapat menjadi pelajaran berharga yang turut mengembangkan kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota untuk senantiasa menghadirkan ever-better cars sebagai solusi terhadap kebutuhan mobilitas konsumen, termasuk di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata.

 

Perjalanan 5 Continents Drive merupakan project Genchi Genbutsu berskala global yang memberikan tantangan bagi karyawan Toyota untuk langsung belajar dari jalanan di seluruh dunia sekaligus mendengar masukan dari konsumen, manufaktur, distributor, dealer, komunitas, dan karyawan sebagai stakeholders Toyota di berbagai belahan dunia, untuk dapat terus membuat “ever-better cars” bersama untuk masa kini dan masa depan.

Di awali dengan opening ceremony yang dihadiri oleh seluruh karyawan di kantor pusat Toyota Indonesia di wilayah Sunter, Jakarta Utara, pada Selasa (12/11), tim 5 Continents Drive beranjak menuju pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di wilayah Karawang, Jawa Barat. Dalam kunjungannya, rombongan disambut oleh karyawan pabrik sekaligus mendapatkan penjelasan secara langsung mengenai proses pembuatan beberapa model line-ups Toyota di Indonesia yang merajai pasar domestik dan juga beberapa produk yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ekspor yang semuanya memiliki kualitas berstandar global sehingga dapat diterima oleh konsumen di berbagai belahan dunia.

 

Sebelumnya di hari Senin (11/11), beberapa perwakilan tim 5 Continents Drive memperoleh kesempatan untuk mengunjungi rumah konsumen untuk melihat secara langsung aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh konsumen. Pada kesempatan ini, tim mendapatkan banyak pelajaran penting mengenai kondisi jalan yang konsumen lalui serta kebutuhan konsumen Indonesia terhadap mobilitas yang beragam dan unik. Selain itu, di hari yang sama tim juga melakukan diskusi dengan pihak dealer Toyota di Jakarta untuk mendapatkan gambaran kondisi pasar Indonesia serta menerima saran dan masukan yang konsumen sampaikan kepada pihak dealer terhadap produk Toyota yang dipasarkan di Indonesia.

 

Selanjutnya pada Rabu (13/11), dalam perjalanannya ke kota Cirebon tim 5 Continents Drive melakukan kunjungan ke salah satu dealer dari group Toyota global. Tim gunakan kesempatan ini tak hanya untuk berdiskusi dengan pihak dealer mengenai kebutuhan konsumen, namun juga untuk memperkuat kolaborasi antar Toyota group, khususnya di Indonesia dalam menghadirkan ever-better cars kepada konsumen.

 

Usai melakukan pertemuan dengan dealer, perjalanan tim 5 Continents Drive di Indonesia berlanjut ke kota Solo hingga Kamis (14/11), dimana tim merasakan jalan tol Trans Jawa sebagai penghubung utama antar kota di pulau Jawa. Melihat perkembangan infrastruktur jalan tol di Indonesia yang cukup pesat menarik perhatian engineer Toyota yang tergabung dalam rombongan 5 Continents Drive, dimana kini jalan tol telah menjadi akses penting bagi konsumen di Indonesia.

 

Setelah beristirahat dan menikmati cita rasa kuliner di kota Solo, tim 5 Continents Drive melanjutkan perjalanannya ke salah satu destinasi pariwisata yang paling digemari oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara yaitu Gunung Bromo pada Jumat (15/11) pagi sebelum akhirnya mengakhiri perjalanan di Surabaya pada sore hari.

 

Sambil merasakan kondisi jalan yang cukup terjal di wilayah Bromo, tim 5 Continents Drive gunakan momen ini untuk berdiskusi dengan komunitas Toyota Fortuner yang dikenal dengan nama ID42NER yang kerap melakukan perjalanan ke Gunung Bromo dan beraktivitas di sekitarnya. Komunitas ID42NER menyambut baik kedatangan rombongan 5 Continents Drive dengan memperkenalkan diri sekaligus memberikan beberapa masukan penting terkait dengan produk terkini yang Toyota sedang pasarkan untuk konsumen Indonesia, serta berbagi pengalaman mereka selama menggunakan Toyota Fortuner. Bagi Toyota, komunitas tidak hanya bagian dari stakeholders namun juga sebagai bagian dari keluarga besar Toyota.

 

“Road train people and people make cars” adalah inspirasi utama yang mendasari project perjalanan 5 Continents Drive. Bermodalkan semangat Genchi Genbutsu, Toyota percaya bahwa dengan berkemudi secara langsung di jalan dengan berbagai kondisi, maka kapabilitas dan kompetensi karyawan Toyota dapat berkembang sehingga dapat senantiasa menghadirkan ever-better cars yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen terhadap mobilitas.

 

Toyota melalui tim 5 Continents Drive telah merasakan secara langsung tantangan sekaligus keunikan dalam berkemudi di Indonesia mulai dari jalan tol yang selalu padat dan tidak pernah lepas dari kemacetan, tekstur aspal yang tebal dan beton yang keras, kontur jalanan yang naik-turun, hingga jalan raya antar kota yang masih banyak digunakan oleh konsumen di Indonesia.

 

Semangat Genchi Genbutsu sejatinya telah kami terapkan sejak dulu dimana kami selalu menghadirkan mobil yang sesuai dengan karakter masyarakat dan geografis di Indonesia, termasuk dua produk kami yang berhasil menjadi pilihan banyak keluarga Indonesia yaitu Toyota Kijang dan Toyota Avanza. Kedua produk ini menjadi bukti komitmen kami untuk terus menguatkan semangat Genchi Genbutsu dalam mengikuti perkembangan dan perubahan kebutuhan konsumen terhadap mobilitas. Sebagai perusahaan mobilitas, berbagai pelajaran berharga yang kami dapatkan dari project 5 Continents Drive Asia 2019–2020 akan kami jadikan modal utama untuk menghadirkan ever-better cars baik di masa kini maupun di masa depan,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

 

Tim 5 Continents Drive di Indonesia terdiri dari 27 perwakilan dari principal Toyota Motor Corporation (TMC) dan 4 perwakilan dari Toyota Indonesia. Mereka menggunakan 9 produk unggulan yang sudah terbukti sanggup memenuhi kebutuhan dan ekspektasi konsumen di Indonesia hingga kini yaitu Kijang Innova, Fortuner, Avanza-Xenia, dan Rush, hingga 4 produk yang sudah menggunakan teknologi elektrifikasi yaitu C-HR HEV, Corolla HEV, Camry HEV, dan Prius PHEV.

 

Penggunaan 9 produk ini tidak hanya mendukung kelancaran perjalanan project 5 Continents Drive di Indonesia namun juga menjadi bahan pelajaran berharga bagi Toyota, termasuk produk berteknologi elektrifikasi yang dapat dengan mudah beradaptasi saat menempuh berbagai kondisi jalan dalam perjalanan jauh lebih dari 1.000 km ini.

 

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

PT Toyota-Astra Motor

Press Room Website: http://pressroomtoyotaastra.com/

Telp: (021) 651-5551 ext. 2266/2274

Fax: (021) 651-5231

Latest Article
Back to top