Skip to main content

Search Modal

Spesifikasi Teknis GR Supra GR4 Evo 2 yang Dikemudikan oleh Pembalap TGRI di Kelas GT4 Japan Cup 2025, Satu Langkah Menuju Champion

Main Area

Main

Spesifikasi Teknis GR Supra GR4 Evo 2 yang Dikemudikan oleh Pembalap TGRI di Kelas GT4 Japan Cup 2025, Satu Langkah Menuju Champion

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) kembali mendominasi balap touring car GT World Challenge Asia (GTWCA) Japan Cup 2025 dengan meraih double podium Kelas GT4 seri ke-5 dan seri ke-6 yang berlangsung di Okayama International Circuit Jepang, Sabtu-Minggu (30-31/8).

Haridarma Manoppo (Indonesia) dan Seita Nonaka (Jepang) sukses mempertahankan podium juara 6 kali berturut-turut dan membuka peluang besar champion winner karena tinggal menyisakan 2 seri lomba. Keduanya mengendarai supercar GR Supra yang dirombak agar sesuai regulasi balap touring kelas GT4.

Secara garis besar, balap GTWCA diadakan di 3 regional, yaitu Asia khususnya Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat. Persaingan di Kelas GT4 menggunakan mobil balap buatan pabrikan yang tersedia untuk umum, dan dimodifikasi sesuai regulasi sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara.

Dengan begitu, semua pembalap memiliki daya saing tinggi dan balapan dapat berlangsung dengan sengit sehingga kesempatan semua tim untuk meraih gelar juara menjadi sama kuatnya.

Profil GR Supra GT4 Evo 2 Andalan TGRI di Ajang Japan Cup 2025

Setelah tahun lalu mengandalkan GR Supra GT4, tahun ini TGRI berlaga di event Japan Cup dengan menggunakan GR Supra GT4 Evo 2. Race car ini telah mendapatkan rombakan oleh TOYOTA GAZOO Racing (TGR) agar lebih kompetitif di lintasan dan lebih adaptif mengikuti karakter pembalapnya.

Dengan pendekatan “driver-first car-making” untuk memanfaatkan input tersebut dalam pengembangan, TGR telah menetapkan debut balap GR Supra GT4 Evo 2 yang memperoleh peningkatan performa, keandalan, dan handling di awal musim 2025.

Secara khusus, sistem rem ABS telah disetel ulang melalui pengujian oleh pembalap-pembalap di sirkuit di Jepang dan Eropa yang memungkinkan pengereman dan manuver di tikungan yang optimal berdasarkan jenis dan keausan ban serta kondisi lintasan.

Waktu perpindahan gigi ke bawah (downshift) telah dikurangi dengan menyempurnakan seting putaran mesin melalui pembaruan software, sehingga meningkatkan kontrol deselerasi selama pengereman untuk menjaga kecepatan menikung.

Selain meningkatkan performa pendinginan mesin, rem, dan drivetrain, suhu kokpit telah dioptimalkan untuk membuat mobil lebih mudah dikendarai bahkan dalam kondisi yang sulit, sehingga membantu mempertahankan performa tingkat tinggi.

Peningkatan ini membuat GR Supra GT4 EVO2 lebih mudah dikendarai tidak hanya oleh pembalap profesional, tetapi juga pembalap amatir yang berambisi berkompetisi dalam balapan GT4 di seluruh dunia.

Spesifikasi Teknis GR Supra GT4 Evo 2

Sasis

Panjang                                   4.460 mm

Lebar                                       1.855 mm

Konstruksi                               Steel/aluminium body with high-strength roll cage acc. to FIA regulations

Front splitter                            Natural fibre composite

Rear wing                                Natural fibre composite

Tangki BBM                            ATL FT3 safety fuel cell with fast refuelling system (120 litres)

Jok Pembalap             OMP racing seat with six-point safety harness

Mesin dan Transmisi

Tipe                                         In-line six-cylinder, single twin-scroll turbocharger

Kapasitas                                2.998 cm3 (2.998 cc)

Tenaga                                    Tergantung performa masing-masing kendaraan

Torsi                                        Sampai dengan 660 Nm

Engine management   Marelli ECU

Exhaust system                      Akrapovic racing exhaust system with catalytic converter

Transmission                           Modified ZF automatic transmission with paddle shift

Differential                               DREXLER Motorsport-specification limited-slip differential

Driveshaft                                GKN Motorsport high torque spec

Perangkat Pendukung

Suspensi depan                      MacPherson strut

Suspensi belakang                 Multilink

Shock absorbers                     KW adjustable racing dampers

Steering                                   Rack and pinion, electrical supported

Rem depan                             Brembo six-piston racing calipers, Steel 390 mm brake discs

Rem belakang             Brembo four-piston racing calipers, Steel 355 mm brake discs

Ban depan/belakang   Pirelli 305/660-18 Front / 305/660-18 Rear

Pelek                                       OZ 11 x 18 in

Electronic Control System      Traction control, ABS, digital display unit, data logger

Perlengkapan              Fire extinguishing system, air jack system    

Latest Article
Back to top