Skip to main content

Search Modal

Punya Tampilan Agresif dan Superior, Toyota Punya Sportscar yang Fun to Drive dan Powerful, Berikan Pengalaman Berkendara Layaknya di Sirkuit Balap

Main Area

Main

Punya Tampilan Agresif dan Superior, Toyota Punya Sportscar yang Fun to Drive dan Powerful, Berikan Pengalaman Berkendara Layaknya di Sirkuit Balap

Sportscar atau sering disebut mobil sport, adalah jenis kendaraan yang menekankan target pada performa, pengendalian, dan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Pengemudinya dapat memaksimalkan segala aspek yang dimiliki mobil tersebut agar dapat merasakan sensasi berkendara di jalan.

Biasanya, sportscar memiliki desain yang aerodinamis dan sporty, bodi yang ringan dan solid, sistem suspensi yang optimal untuk meningkatkan handling, serta dilengkapi mesin yang bertenaga layaknya mobil balap, namun masih street legal supaya tetap dapat mendukung mobilitas harian pemiliknya.

Sportscar Toyota Pertama di Dunia

Toyota pertama kali memperkenalkan sportscar pada April 1965, yaitu Sports 800. Walau dimensinya terbilang mungil, performa yang dimiliki Sport 800 termasuk yang terbaik pada era-nya. Mesin 790 cc sanggup menghasilkan tenaga 45 dk dan torsi 67 Nm.

Toyota Sport 800 tidak hanya menjadi mobil sport pertama Toyota, tapi juga merupakan bagian dari proyek teknologi hybrid menggunakan mesin gas turbin dipadu motor listrik. Ia sempat dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show 1977. Sports Car Toyota ini juga memiliki julukan Yoto-hachi atau ‘Sports 8’.

Sejarah sportscar di bawah naungan GAZOO Racing (GR) dimulai oleh GR Supra di tahun 2019. Berbekal sumber daya manusia dan fasilitas pengembangan teknologi terbaik, GR diberikan kepercayaan penuh untuk melahirkan GR Supra sejak dari sketsa di kertas putih.

“Road train people, people make cars”, menjadi arahan bagi TGR untuk mengembangkan mobil sport yang tidak hanya kencang, tapi juga bisa diterima dengan baik di jalan raya dengan tantangan yang berbeda 180 derajat dari sirkuit balap. “Go where customer goes”, begitu filosofinya.

Targetnya adalah sebuah mobil sport yang fun to drive di jalan. Dengan pengendaraan yang stabil dan handling yang tepat, GR Supra akan mengikuti apapun perintah Anda dengan lugas dan menghibur. Ini sesuai dengan fokus pengembangan GR Supra yang mengutamakan keinginan pemilik (customer oriented).

Sehingga nantinya, GR Supra bisa menjadi teman yang menyenangkan saat perjalanan jauh, beraktivitas setiap hari, atau sesekali merasakan track day di sirkuit. Seiring meningkatnya popularitas GR Supra, GR menghadirkan sportscar-sportscar berikutnya yang siap memacu adrenalin penggunanya.

Profil GR Supra

Sirkuit penuh tantangan Nurburgring di Jerman menjadi saksi betapa prototipe Supra dipacu hingga melewati limitnya untuk mendapatkan produk yang kencang, cekatan, namun punya daya tahan tinggi. Ia juga dibawa melaju di berbagai jenis jalan di dunia agar didapatkan feedback atas performa ketika mobilitas harian.

GR Supra langsung memikat para sportscar dan motorsport enthusiast bermodalkan penampilan khas retro sportscar ikonik, serta performance luar biasa dan driving experience yang sangat menghibur siapapun di balik kemudi ketika pertama hadir di tahun 2019.

Pengujian tanpa lelah itu melahirkan tiga elemen kunci: jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread) dan pusat gravitasi (center of gravity). Para engineer TGR memutuskan untuk memperkecil jarak wheelbase, merendahkan pusat gravitasi, dan mengatur distribusi berat kendaraan supaya seimbang 50:50 antara bagian depan dengan belakang.

Keseimbangan tiga elemen inilah yang yang membuat GR Supra terasa begitu fun to drive di berbagai kondisi jalan, bahkan saat jalan santai sekalipun. Tidak hanya penuh sensasi di lintasan sirkuit, namun juga memuaskan ketika mobilitas harian.

Mobil sport ini kembali mendapatkan upgrade besar dari sisi handling untuk meningkatkan driving performance dan excitement bagi pemiliknya di tahun 2022. Penampilan khas retro sportscar yang legendaris terlihat abadi dan praktis tidak membutuhkan banyak ubahan karena tetap up-to-date.

Penyegaran terlihat pada 19-Inch Forged Aluminium Wheel baru yang berbagi desain dengan GR Yaris dan GR86. Less is more, velg canggih ini lebih ringan 1,2 kg per piece ketimbang model lama. Sentuhan berikutnya adalah penambahan opsi body color yaitu Matte Mineral White, Portimao Blue, dan Sparkling Cupper Gray.

Desain cockpit New GR Supra dirancang driver oriented. Namun, pelanggan tetap merasa nyaman karena ada pengaturan jok secara elektrik sehingga didapat kombinasi posisi duduk yang pas antara kebutuhan balap dan touring.

Tetap dengan nuansa balap yang kental, panel instrumen modern di balik kemudi dengan layar 8,8 inch terlihat sangat simpel dan mudah dipahami. Kemudi New GR Supra dibuat lebih segar dengan sentuhan ornamen berwarna silver. Sistem audio ditingkatkan dengan menambah speaker dari 10 unit menjadi 12 unit besutan JBL.

New GR Supra mengadopsi mesin powerful 3.000 cc 6-silinder inline yang secara spartan sanggup menghasilkan tenaga 350 PS pada 5.000-6.500 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.600-4.500 rpm.

Twin-scroll Turbocharger memastikan engine sanggup menyalurkan power terbaik di setiap rentang putaran mesin ke transmisi 8-speed Sport Automatic dengan rasio gigi rapat supaya dapat mendistribusikan tenaga dengan gesit dan cekatan ketika dipacu, tapi masih luwes ketika cruising di jalan tol atau terkena stop and go di dalam kota.

TGR melakukan fine tune AVS terkait karakter redaman shock absorber untuk meningkatkan roll balance dan ride comfort. Dilakukan pula modifikasi pada bushing stabilizer untuk meningkatkan respons awal kemudi yang sangat krusial bagi sebuah sportscar.

Dalam pengembangan lebih lanjut, terdapat perbaikan chassis control system yang mencakup AVS, Electric Power Steering (EPS), dan Vehicle Stability Control (VSC) untuk meningkatkan feeling dan kendali kemudi ketika pushing to the limit.

Profil GR86

Hasil dari kompetisi di motorsport juga diterapkan pada functional aspect model GR, yang mencakup pengalaman berkendara yang responsif dan powerful, serta desain yang stylish. Semua mencerminkan filosofi dan mindset GR dalam semangat Pushing The Limits for The Better.

Pertama hadir di Indonesia tahun 2012, Toyota 86 mewarisi DNA Toyota AE86 yang pernah begitu mempesona pecinta mobil kencang di tahun 1980an. Sejak awal, kendaraan 2 pintu ini diposisikan supaya dapat memberikan kesenangan berkendara terbaik tanpa perlu menggunakan mesin besar.

Kunci utama kekuatan Toyota 86 ada pada pengendalian yang begitu akurat dan lincah, sekaligus sanggup memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan. Sports car yang juga memiliki julukan “Hachi-Roku” dalam bahasa Jepang yang berarti 86, begitu fun to drive bagi siapapun pengemudinya.

Generasi ke-2 GR86 hadir di Indonesia di bulan Agustus 2022. GR86 hadir untuk mewujudkan impian dan kegembiraan berkendara yang melekat pada mobil sport kepada pecintanya.

GR86 mengekspresikan layout mesin depan dan penggerak roda belakang dengan mengadopsi style yang merujuk pada mobil sport klasik Toyota seperti Corolla 2000GT dan AE86, dengan cirikhas ruang mesin lebih panjang, kabin kompak, dan bodi lebar.

Posisi duduk pengemudi GR86 mirip para pembalap di sirkuit balap. Visibilitas luas dan posisi duduk pas ditopang oleh bucket seat sporty. Kokpit bergaya driver-oriented ala mobil balap memastikan Anda dapat mengemudi dengan rasa percaya diri tinggi.

Untuk memastikan limpahan tenaga dapat dikendalikan dengan presisi, sasis dan bodi dikerjakan ulang bermodalkan material ringan berkekuatan tinggi untuk memberikan kekakuan ekstra sekaligus mengurangi bobot dan penguatan di area utama untuk meningkatkan safety.

Hal ini, sekaligus menjadikannya sebagai salah satu kupe 4-seater paling ringan di pasaran. Bahkan, bobot Toyota GR86 hampir sama dengan generasi sebelumnya meski ada penambahan fitur.

Sistem suspensi GR86 sebagai penopang kinerja mobil saat manuver cepat ikut direvisi. Karakteristik peredam kejut dan per keong dioptimalkan untuk memberikan pergerakan yang dapat diprediksi oleh pengemudi.

Ditempatkan serendah mungkin untuk memperoleh pusat gravitasi lebih rendah dan aerodinamis, engine yang bergerak berlawanan secara horizontal ini menggunakan blok mesin yang sama dengan Toyota 86, namun kapasitas mesin 4-silinder ditingkatkan dari 1.998 cc menjadi 2.387 cc dengan menambah diameter piston dari 86 mm menjadi 94 mm.

Tenaga maksimum GR86 meningkat sekitar 17,5% dari 200 PS menjadi 235 PS pada 7.000 rpm. Torsi juga naik 22% yakni 250 Nm pada 3.700 rpm, lebih baik dari sebelumnya di angka 205 Nm pada 6.400–6.600 rpm.

Kombinasi daya yang optimal membantu menghasilkan performa yang mulus dan bertenaga hingga putaran mesin tinggi serta memberikan akselerasi yang memuaskan saat keluar dari tikungan berkat torsi kuat di putaran lebih rendah.

Distribusi tenaga merujuk pada rekam jejak sports car Toyota yang memanfaatkan Rear Wheel Drive (RWD) atau penggerak roda belakang. Ditambah dengan Torsen limited-slip differential memberikan traksi yang meyakinkan saat menikung.

Latest Article
Back to top