Skip to main content

Search Modal

Mengungkap Teknologi Mesin UR Pada Toyota Century

Main Area

Main

Mengungkap Teknologi Mesin UR Pada Toyota Century

Salah satu perubahan besar pada Toyota Century terbaru adalah penggunaan mesin 2UR-FSE. Mesin ini tergolong jarang digunakan karena mempunyai teknologi canggih V8.

Toyota Century terbaru menjalani debutnya di Tokyo Motor Show 2017. Tetap mempertahankan DNA sebagai limusin mewah, perubahan besar terjadi pada generasi ketiga ini. Mulai dari eksterior, interior, fitur canggih serta mesin baru berkode 2UR-FSE.  Tergabung dalam keluarga mesin UR yang merupakan mesin dengan piston V8 32-valve quad-camshaft. Pertama kali diperkenalkan tahun 2006 untuk menjadi suksesor dari seri UZ yang secara bertahap mulai dihentikan produksi mesinnya.

 

Lexus LS produksi tahun 2007 menjadi mobil pertama yang merasakan performa canggih dengan kode mesin 1UR-FSE yang telah mengusung teknologi injeksi langsung D4-S. Keunggulan dari mesin UR tersebut adalah penggunaan material kuat pada beberapa komponen, seperti blok mesin die-cast berbahan alumunium, , kelapa piston berbahan alumunium dan kepala silinder berbahan magnesium.

 

Pada generasi pertama yang menggunakan teknologi injeksi langsung, dalam proses produksinya menjalani proses yang ketat seperti menggunakan sinar-X dan CT (computed tomography). Tujuannya adalah untuk meminimalkan deformasi setelah proses die-casting. Salah satu komponen yang berbeda dari mesin UR adalah camshaft dibuat berongga agar beratnya menjadi lebih ringan.

 

Toyota juga pernah memproduksi mesin 1UR-FE yang awalnya untuk pasar otomotif di Timur Tengah. Perbedaan paling mendasar dari FE dan FSE adalah ketiadaan teknologi injeksi D4-S. Beberapa mobil yang pernah memakai mesin ini adalah Toyota Land Cruiser khusus pasar otomotif Tiongkok, Timur Tengah dan Australia, Toyota Sequoia dan Toyota Tundra.

 

Generasi kedua dari mesin UR digunakan untuk kapasitas yang lebih besar. Bila generasi pertama hanya 4.600 cc, di generasi kedua ini mencapai 5.000 cc pada 2UR-GSE. Toyota bekerjasama dengan Yamaha untuk merancang mesin generasi kedua ini dan menghasilkan performa tinggi. Seperti kepala silinder dan camshaft bertekanan tinggi serta katup  inlet berbahan titanium. Teknologi canggih seperti Dual VVT-I dengan elektrik (VVT-iE) menghasilkan efisiensi terbaik dikelasnya.

 

Pada Toyota Century bukan mesin 2UR-GSE yang digunakan namun 2UR-FSE. Salah satu perbedaannya ialah penggunakan teknologi injeksi langsung D4-S. Selain itu pada beberapa produk yang menggunakan mesin tipe ini, termasuk Toyota Century terbaru telah mengadopsi sistem hybrid dengan penambahan motor listrik. Tidak hanya mampu menambahkan tenaga tapi juga menghasilkan efisiensi lebih baik.

 

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan mesin berkapasitas lebih besar, Toyota juga memproduksi generasi ketiga 3UR-FE dengan kapasitas 5.700 cc. Mesin ini tidak menggunakan teknologi injeksi langsung D4-S namun Dual VVT-i. Toyota Tundra, Sequoia dan Land Cruiser menjadi daftar mobil yang dipercaya memakai mesin ini. Sebelum disematkan pada mobil produksi massal, mesin ini telah melalui uji durabilitas lebih dari 1,3 juta kilometer.

Latest Article
Back to top