Skip to main content

Search Modal

Kiprah Toyota di Dunia Balap

Main Area

Main

Kiprah Toyota di Dunia Balap

Dunia otomotif tidak melulu soal produksi tapi juga olahraga yakni balapan. Toyota punya prestasi yang baik dalam dunia balap melalui beberapa produknya.

Salah satu kunci dari olahraga balap adalah performa mobil yang mumpuni. Secara global, Toyota punya pencapaian yang baik dalam dunia balap. Pun di kelas nasional (Indonesia), nama Toyota punya raihan positif.

 

Pada tahun 1998-1999, Toyota sempat mengikuti ajang balap 24 Hours Le Mans melalui mobil balapnya Toyota GT-One. Mobil ini dikembangkan khusus untuk grand touring GT1 yang kemudian disesuaikan dengan peraturan balap Le Mans.

 

Setelah lama vakum, tahun 2013 Toyota kembali ke kompetisi Le Mans. Berbeda dengan mobil balap pada umumnya, Toyota mengembangkan TS030 Hybrid yang menjadikannya mobil balap bermesin hybrid pertama dalam kompetisi FIA World Endurance Championship. Persiapan mobil balap baru ini telah dimulai sejak tahun 2012 dengan melakukan debut di sirkuit 6 Hours of Spa-Francorchamps pada bulan Mei.

 

Pada 2014, Toyota mengumumkan untuk lanjut berkompetisi di Le Mans dengan mobil TS040 Hybrid yang merupakan suksesor dari model sebelumnya. Mobil ini pun mampu berkompetisi selama 2 tahun.

 

Di 2016, Toyota juga kembali berpartisipasi dalam ajang 24 Hours Le Mans melalui Toyota TS050 Hybrid yang dikembangkan khusus untuk ajang durabilitas ini. Menariknya mobil rancangan tim Toyota ini mampu memberi perlawanan sengit buah dari pengembangan sejak 2013.

 

Tidak hanya kompetisi balap durabilitas Le Mans, pada 2002 Toyota melakukan debut di ajang balap bergengsi Formula One (F1). Cukup lama pabrikan asal Jepang ini mengikuti ajang kompetisi F1 hingga tahun 2009. Beberapa pembalap ternama pernah berada dibalik setir mobil F1 Toyota, seperti Ralf Schumacher (2005) dan Jarno Trulli (2004).

 

Terbaru, ajang internasional yang kembali diikuti oleh Toyota tahun ini ialah WRC (World Rally Championship). Durabilitas mobil dan performa mobil benar-benar diuji pada balapan ini.

 

Spesifikasi buas pun disiapkan dengan mengandalkan mesin turbo 4-silinder berkapasitas 1.600 cc yang menghempaskan tenaga 380 Ps dan torsi 425 Nm. Dipadu transmisi 6-speed hydraulic shift dan penggerak 4 roda siap menaklukkan sirkuit menantang setiap seri WRC.

 

Kompetisi balap internasional lainnya yang juga diikuti Toyota yaitu NASCAR. Tahun 2000 menjadi seri perdana menggunakan Toyota Celica dalam Goody’s Dash Series. Pada tahun 2007, Toyota Camry dengan tune-up khusus juga memeriahkan Monster Energy NASCAR Cup Series.

 

Beralih ke dunia balap nasional, PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui Toyota Team Indonesia (TTI) mengikuti kompetisi balap nasional. Ada tiga mobil yang diturunkan ke sirkuit tahun ini yakni Agya dan Etios untuk kelas slalom dan Yaris di kelas touring (Indonesia Sentul Series of Motorsport).

Latest Article
Back to top