Hot Hatchback atau akrab disingkat Hothatch adalah varian performa tinggi dari mobil hatchback yang dirancang untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty dan dinamis dibandingkan dengan hatchback standar.
Mobil ini biasanya memiliki mesin yang jauh lebih bertenaga, suspensi yang lebih kaku, pengendalian bernuansa balap, dan tampilan eksterior yang lebih sporty dan agresif. Meski begitu, kelebihan hothatch ketimbang sportscar adalah keandalan untuk dipakai mendukung aktivitas sehari-hari.
Hot hatchback adalah pilihan yang pas bagi pengendara yang mencari mobil kecil atau mobil keluarga yang memiliki performa yang outstanding. Sebuah mobil harian yang dapat dipakai untuk menyalurkan hasrat balap pemiliknya di waktu luang. Di segmen ini, GR Pure memiliki 2 varian mendebarkan yakni GR Yaris dan GR Corolla.
Profil GR Yaris
Selain GR Supra dan GR86 yang lahir dari mobil jalan raya untuk kebutuhan motorsport di lintasan balap dengan aspal mulus, Sports Hatchback berikut ini justru lahir dari dunia rally yang banyak bermain di medan tanah dan lumpur.
Hadir tahun 2020, GR Yaris dikembangkan menggunakan metode reverse engineering. Toyota membangun kendaraan rally yang cocok untuk kebutuhan motorsport dan kemudian disesuaikan lebih lanjut untuk versi produksi massal supaya tetap dapat dipakai setiap hari.
Evolusi GR Yaris hadir di awal tahun 2024. TGR mengembangkan GAZOO Racing Direct Automatic Transmission 8-speed untuk memberikan kenikmatan maksimal. Kinerjanya bisa memaksimalkan penggunaan di track karena shifting lebih cepat untuk memperluas pengguna GR Yaris.
Hasilnya adalah sebuah mobil yang dirancang agar banyak pengemudi dapat menikmati pengalaman berkendara yang lebih sporty dan pushing this car to the limit. Sehingga, tidak hanya pembalap tetapi juga pengemudi harian dapat menikmati keandalan transmisi pintar ini.
Software kontrol transmisi otomatis mengantisipasi kapan perpindahan gigi diperlukan, bahkan sebelum perubahan perilaku kendaraan terjadi, untuk selanjutnya mewujudkan pemilihan gigi yang mencerminkan keinginan pengemudi. Karakternya sesuai cara pengemudi profesional memindahkan gigi yang cekatan dan presisi.
Aplikasi closed gear ratio berfungsi memaksimalkan power di setiap rentang RPM. Penggunaan Limited Slip Differential memastikan kinerja yang optimal ketika bermanuver di tikungan.
Hot Hatch ini dipersenjatai mesin G16E-GTS 1.600 cc 3 silinder direct injection turbocharger disertai penggerak 4 roda (4WD) GR-FOUR. Salah satu dapur pacu paling powerful di dunia ini dimaksimalkan kinerjanya dengan membuat piston yang lebih ringan dan kuat, optimasi sistem D-4ST, dan operasional turbo yang lebih efektif.
Power-nya meningkat dari 261 PS dan sekarang menyentuh angka 305 PS pada 6.500 rpm, sementara torsinya naik dari 360 Nm menjadi 400 Nm pada 3.250-4.600 rpm. Selain pemilihan mode 4WD, mode berkendara baru juga tersedia untuk berkendara sporty dan mobilitas sehari-hari.
Makin driver-oriented, panel kontrol dan monitor dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk meningkatkan visibilitas dan pengoperasian. Perhatian khusus diberikan pada posisi tombol panel instrumen untuk kemudahan penggunaan saat berkendara sporty dan normal.
Postur driver telah diperbaiki dengan menurunkan posisi jok sejauh 25 mm dan menyesuaikan posisi kemudi. Selain itu, jarak pandang ke depan telah diperluas dengan memindahkan kaca spion tengah ke bagian atas kaca depan dan menurunkan tepi atas dasbor sebesar 50 mm.
Perubahan layout speedometer fokus menampilkan hal-hal yang esensial supaya perhatian pengemudi tidak banyak teralihkan dari jalan. Fitur baru yang ditampilkan adalah panel instrumen TFT full color 12,3 inci yang fokus pada visibilitas dan informasi kendaraan yang diperlukan untuk berkendara cepat.
Di bagian depan, grille bawah dilengkapi jaring baja yang tipis dan ringan namun tetap kuat, dan sisi bawah bumper depan memiliki struktur baru yang dapat dipisahkan. Hal ini memudahkan perbaikan dan penggantian jika terjadi kerusakan sekaligus mengurangi biaya perbaikan.
Air dam di tepi bawah rear lower garnish memungkinkan udara mengalir dari bawah lantai untuk mengurangi hambatan aerodinamika serta meningkatkan kemampuan manuver dan stabilitas, termasuk membantu membuang panas dari knalpot.
Lampu belakang bagian atas dan bawah telah dirombak untuk menghindari kerusakan dan meningkatkan visibilitas saat berkompetisi. Selain itu, stop lamp yang dipasang tinggi telah dipisahkan dari spoiler belakang sehingga meningkatkan kemampuan mengatur spoiler.
Profil GR Corolla
GR Corolla adalah mobil yang menggabungkan performa balap dengan fungsionalitas untuk penggunaan sehari-hari. Basis mobil ini banyak dipakai di balap touring lokal Jepang dan Amerika, bahkan GR Corolla berbahan bakar hidrogen cair berlomba di ajang Super Taikyu Fuji 24 Hours Race di Jepang.
Paling bungsu di keluarga GR Pure, sports hatchaback ini mengandalkan mesin turbo G16E-GTS serupa milik GR Yaris. Unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini, sanggup ditingkatkan kinerjanya sehingga menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm.
Hasilnya, GR Corolla mencatat akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik dan top speed dibatasi pada 230 km/jam. Tersedia pilihan driving mode Normal, Eco, dan Sport yang bisa diatur sesuai keinginan pengemudi.
Kinerja sistem GR-FOUR 4WD ditingkatkan agar sesuai spesifikasi GR Corolla. Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan electronic multi-plate clutch, memberikan pembagian penggerak roda depan dan belakang dengan 3 pilihan rasio (Front:Rear), yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70.
Torsen Slip Differential pada setiap as roda meningkatkan handling, traksi ban, dan mengoptimalkan distribusi torsi ke roda kiri dan kanan sesuai kondisi jalan dan driving style. Transmisi manual 6-speed iMT (Intelligent Manual Transmission) dengan short-shifter pintar menyajikan perpindahan gigi yang halus dan responsif.
Sistem pengereman menggunakan rem cakram ventilasi 18 inch di depan dan 16 inch di belakang pada pelek alloy 18 inch. GR Suspension memastikan handling yang brilian sehingga pengemudi dapat bermanuver sesuai keinginannya dan tanpa keraguan.
Untuk fungsionalitas terbaik, GR Corolla mempertahankan layout klasik hatchback yakni lima pintu dan lima penumpang sehingga pas untuk mobilitas sehari-hari. Sekaligus, memberikan tampang yang sangat menggoda para pecinta sports car dan menjamin road performance yang melampaui bayangan.
Terdapat tiga target utama body work, yakni aerodinamika untuk mendukung kinerja mesin dan suspensi, pendingin mesin dan rem yang optimal, serta meningkatkan kestabilan mobil yang membuatnya semakin fun to drive bahkan bagi pengemudi awam.
GR Corolla memiliki dimensi 4.407x1.851x1.479 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.640 mm. Jika disandingkan dengan GR Yaris, GR Corolla tampak jauh lebih besar untuk meningkatkan fungsionalitas, memperluas ruang kabin, dan menjaga kenyamanan penumpang.
Masuk ke dalam, pelanggan akan disambut oleh sports seat berlogo GR dengan bahan ultrasuede dan kulit halus, yang juga digunakan pada bangku belakang. Dashboard modern berbahan soft touch yang sporty, dilengkapi dengan 12.3 inch Full TFT MID di balik kemudi dan 9 inch audio monitor di tengah.
AC dual zone digital bersama parking brake dan tuas transmisi berbalut kulit, serta 4WD mode switch. Di atas leather steering wheel dengan logo GR, terdapat head up display (HUD) untuk memudahkan pemantauan indikator mobil. Pedal alumnium dan soket USB melengkapi fitur di dalam kabin GR Corolla.