Jepang — PT Toyota-Astra Motor (TAM) mendapatkan kehormatan untuk berpartisipasi di event Japan Mobility Show (JMS) 2023 di Tokyo Big Sight Jepang, 26 Oktober–5 November 2023. Dengan visi Total Mobility Solution for All, PT TAM menghadirkan Rangga Concept sebagai commercial concept vehicle pertama di Indonesia yang diharapkan dapat memberikan dukungan mobilitas bisnis pelanggan dan menjadi penggerak roda perekonomi negara. Rangga Concept diharapkan pula dapat memberikan inspirasi kendaraan serbaguna sebagai mobility solution dengan keberagaman style dan kegunaan kepada masyarakat dunia.
“PT Toyota-Astra Motor (TAM) merasa terhormat dapat memajang Rangga Concept di Japan Mobility Show (JMS) 2023. Sejalan visi Mobility for All, kami melihat kesempatan emas ini sebagai peluang untuk memperlihatkan pengalaman dan kemampuan Toyota Indonesia dalam menghadirkan commercial vehicle yang dapat dikonversi untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang beragam dan kompleks serta mendukung perekonomian negara. Kami juga berharap hasil karya Toyota Indonesia ini dapat menginspirasi pengunjung mancanegara supaya tertarik menggunakan konversi Rangga Concept untuk utilitas usaha,” terang President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.
Dengan Kijang Pick Up sebagai role model, masyarakat Indonesia telah mempercayai kendaraan niaga Toyota yang identik dengan reliability, durability, dan versatility. Commercial vehicle Toyota secara konsisten telah menunjukkan kemampuannya dalam mendukung kebutuhan bisnis, serta berkontribusi pada perekonomian nasional yang terus menunjukkan trend positif.
Sesuai visi Mobility for All di sektor bisnis, commercial concept vehicle “Rangga” yang diperkenalkan di ajang GIIAS 2023 lalu, sebagai jawaban atas meningkatnya kebutuhan mobilitas di sektor usaha. Toyota bersemangat untuk melanjutkan legacy dari Toyota Kijang Pick Up dengan memperkenalkan Rangga Concept yang bertujuan untuk kembali berkontribusi memenuhi kebutuhan mobilitas berbagai industri bisnis, serta mendukung pertumbuhan ekonomi negara.
Skala kebutuhan pelanggan saat ini tentunya telah berkembang jauh lebih beragam dan semakin kompleks ketimbang di masa keemasan Kijang Pick Up. Fungsionalitas, keandalan, dan daya tahan tetap menjadi poin penting yang harus dikedepankan. Namun, penampilan kendaraan juga harus menunjukkan jatidiri mobil Toyota modern.
Calon kendaraan komersial terbaru Toyota Indonesia ini juga melewati proses yang sama dengan Kijang Pick Up supaya dapat berperan dalam mobilitas usaha sekaligus memutar roda perekonomian. Kunci keberhasilan Kijang Pick Up adalah kolaborasi, di mana sejak awal launching Toyota selalu bekerjasama dengan karoseri lokal untuk memproduksi berbagai konversi Kijang Pick Up yang terbukti mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan peluang industri pendukung manufakturnya untuk berkembang.
Digaungkan sebagai Pahlawan (Rangga) bagi pelaku usaha, sejak proses awal Toyota langsung mengajak partisipasi body builder lokal dalam menghadirkan prototype Rangga Concept yang dapat dikonversi untuk memenuhi keberagaman mobilitas sesuai bidang usaha, bahkan dapat pula digunakan untuk kebutuhan personal lifestyle. Keberagaman kebutuhan tersebut dipenuhi dalam beberapa contoh konversi yang bisa dijadikan rujukan calon penggunanya.
Rangga Concept merupakan implementasi dari pilar mobilitas Toyota global. Bersama Electrification dan Intelligence, terdapat satu pilar lainnya yaitu Diversification. Ketiga pilar tersebut telah diaplikasikan pada kendaraan elektrifikasi Toyota di Indonesia. Rangga Concept sendiri merupakan bagian dari pilar Diversification. Lebih tepatnya adalah Diversification of Usage.
Pilar Diversification of Usage berarti bahwa Rangga Concept memberikan peluang untuk pengembangan atau penganekaragaman mobilitas. Rangga sebagai concept car mampu memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang lebih luas, yaitu dapat menunjang aktivitas berbagai bidang usaha. Bahkan mampu berperan dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Hal ini ditunjukkan dari kemampuannya yang dapat dikonversi menjadi beragam bentuk kendaraan usaha yang stylish dan modernuntuk menghadirkan Multi Solution for All.
Berpegang pada pilar tersebut, Rangga Concept siap meneruskan legacy Kijang Pick Up yang begitu fleksibel ketika dikonversi menjadi berbagai kendaraan niaga serbaguna. Harapannya, Rangga Concept dapat tampil kembali sebagai pilihan utama pelanggan yang ingin memulai usaha atau mengembangkan bisnis yang sudah berjalan. Yang berarti pula perekonomian negara akan bergerak lebih baik dan membuka lapangan pekerjaan baru.
Calon kendaraan multifungsi ini diharapkan dapat mendukung berbagai kebutuhan mobilitas hingga ke wilayah yang sulit dijangkau. Keberagaman fungsi membuat Rangga Concept dapat dikonversi untuk masyarakat yang ingin menggunakannya sebagai mobilitas pribadi seperti aktivitas outdoor atau komunitas. Toyota membuka peluang kepada body builder dan pelanggan sebagai end user, berinovasi dalam menciptakan desain yang paling sesuai ekspektasi mereka.
Realisasi nyata dari kolaborasi tersebut di antaranya adalah Rangga Concept Mobile Cafe hasil kerjasama dengan Tuku Coffe yang dikenal memiliki reputasi sebagai café shop idaman gen-Z. Konversi ini dharapkan dapat menjadi inspirasi dan memiliki prospek positif baik dari sisi menunjang kebutuhan usaha, maupun sebagai salah satu bentuk inovasi usaha yang berkelanjutan. Salah satu prototipe pertama Rangga Concept ini mendapatkan kehormatan untuk dipamerkan di ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023.
“PT Toyota-Astra Motor (TAM) melihat adanya kesempatan untuk berkontribusi lebih besar dalam pembangunan di Indonesia melalui commercial mobility solution yang andal dan berkelanjutan. Toyota sendiri telah memiliki pengalaman panjang dalam menghadirkan Toyota Kijang Pick Up bermodalkan kolaborasi dengan berbagai pihak seperti body builder dan value chain Toyota. Pola kolaborasi akan kembali kami terapkan pada pengembangan Rangga Concept untuk menjangkau segmen bisnis yang lebih beragam sejalan pilar mobilitas global “Diversification”, termasuk potensi kerjasama dengan costumer Toyota global,” tutup Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Suci/Fikra/Nasya
Media Relation
PT Toyota-Astra Motor
Press Room Website: http://pressroom.toyota.astra.co.id/
Telp: (021) 651-5551 ext. 2266/2274
Fax: (021) 651-5231
suci.rahmadhany@toyota.astra.co.id