Skip to main content

Search Modal

ROOKIE Racing dan TOYOTA Motor Corporation mengumumkan partisipasi di balapan ketahanan 25 jam di Thailand

Main Area

Main

ROOKIE Racing dan TOYOTA Motor Corporation mengumumkan partisipasi di balapan ketahanan 25 jam di Thailand

 

 

 

 

ROOKIE Racing dan TOYOTA Motor Corporation mengumumkan partisipasi di balapan ketahanan 25 jam di Thailand

- Kendaraan bermesin hidrogen Toyota balapan untuk pertama kalinya di luar Jepang untuk mempercepat teknologi Karbon Netral

                                                                                                                                                           

12 Desember 2022, ROOKIE Racing Co., Ltd. (ROOKIE Racing) dan Toyota Motor Corporation (Toyota) mengumumkan partisipasi mereka di IDEMITSU 1500 SUPER ENDURANCE 2022 (Thailand 25H Endurance Race) di Chang International Circuit di Thailand dari 17 hingga 18 Desember 2022. Mereka akan balapan dengan mobil konsep ORC ROOKIE GR Corolla H2, kendaraan bermesin hidrogen*1., dan mobil konsep ORC ROOKIE GR86 CNF, kendaraan berbahan bakar karbon netral*2. Partisipasi kali ini tidak akan mengikuti balapan selama 25 jam penuh, namun hanya di beberapa jam awal dan akhir balapan. Ini akan menjadi pertama kalinya kedua kendaraan tersebut bersaing dalam balapan di luar Jepang. Selain itu, salah satu kendaraan Toyota Gazoo Racing Team Thailand akan menggunakan bahan bakar karbon netral. Dimulai dengan partisipasi di Thailand 25H Endurance Race, ROOKIE Racing dan Toyota akan terus berupaya meningkatkan dan mempercepat pengembangan teknologi karbon netral di Asia melalui motorsport.

 

<Tantangan ROOKIE Racing pada seri Super Taikyu di Jepang>

 

ROOKIE Racing dan Toyota berpartisipasi dalam seri Super Taikyu*3 di Jepang pada pertengahan musim 2021, dengan Corolla yang bertenaga hidrogen, dan mempercepat upaya untuk "memproduksi", "memperkenalkan", dan "menggunakan" hidrogen, selaras dengan visi-misi partner di dalam dan di luar industri yang bertujuan membantu masyarakat untuk mencapai netralitas karbon yang sesungguhnya. Mulai musim 2022, selain mesin hidrogen Corolla, ROOKIE Racing dan Toyota juga menggunakan bahan bakar sintetis GR86 dan terus menghadapi tantangan untuk memperluas opsi energi bersih, termasuk melalui penggunaan mesin pembakaran internal.

 

Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation, yang juga merupakan pendiri dan pemilik tim dari ROOKIE Racing, berpartisipasi dengan nama pembalap “Morizo”.

 

<Perluasan Kegiatan Motorsport ke Asia>

 

Terbaru, selama putaran kesembilan World Rally Championship (WRC) di Ypres pada bulan Agustus dan putaran ke-13 WRC di Jepang pada bulan November, ROOKIE Racing dan Toyota melakukan uji coba kendaraan bermesin hidrogen GR Yaris H2 yang sedang dalam pengembangan. Ini bertujuan untuk menunjukkan potensi hidrogen sebagai opsi yang layak untuk mencapai netralitas karbon dalam kondisi reli yang panjang. Morizo juga mengemudikan kendaraan tersebut untuk memberikan penilaian dari segi keselamatan dan kinerjanya.

 

Kali ini uji coba berpindah ke Asia. Chang International Circuit adalah sirkuit internasional utama di Thailand, dan menjadi tuan rumah MotoGP Thailand, seri balap motor paling bergengsi di dunia. Sejak sirkuit dibuka pada tahun 2014, Toyota Motor Thailand Co., Ltd. telah menjadi sponsor utama, dan mempromosikan perkembangan motorsport di Thailand dengan mengadakan one-make race di sana. Rookie Racing memenangkan "IDEMITSU 600 SUPER ENDURANCE 2019" selama 10 jam, partisipasi pertamanya dalam balapan yang diadakan di sirkuit tersebut. Tahun ini, entri pertama dari ROOKIE Racing dan Toyota dalam tiga tahun, mobil-mobil tersebut akan diuji di kondisi yang berbeda dari Jepang, untuk mempercepat upaya perluasan opsi teknologi dalam menciptakan masyarakat yang karbon netral di seluruh dunia.

 

 

Team Details

Team name

Class

Vehicle

No.

ORC ROOKIE Racing

division3

ORC ROOKIE
GR86 CNF Concept

328

division2

ORC ROOKIE
GR Corolla H2 Concept

232

 

<Komitmen Toyota untuk Berpartisipasi Aktif Membangun Motorsport di Indonesia>

 

Toyota memiliki sejarah panjang dan kredibilitas yang kuat di dunia motorsport di Indonesia. Sejak tahun 1989, Toyota Indonesia melalui PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah berkompetisi dan mencetak banyak gelar juara di berbagai kejuaraan motorsport nasional secara konsisten. Hingga pada awal tahun 2022, TAM meresmikan tim balap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI).

 

Di musim perdananya tahun ini, TGRI berkompetisi di empat (4) kejuaraan nasional yaitu Kejuaraan Nasional Touring Car menggunakan Yaris GR Sport dan Agya GR Sport, Kejuaraan Nasional Slalom menggunakan Agya GR Sport, dan yang terbaru di Kejuaraan Nasional Sprint Rally dan Rally mengandalkan GR Yaris dengan spesifikasi berstandar AP4.

 

Bermodalkan semangat “Pushing The Limits for Better”, kerja keras serta sinergi yang solid antara para pembalap dengan engineer, membawa tim balap TGRI berhasil meraih gelar juara di empat (4) kejuaraan nasional yang diikuti. Di kejuaraan nasional touring, TGRI berhasil meraih juara pertama dan kedua di dua (2) kelas, di kejuaraan nasional slalom TGRI berhasil meraih gelar juara pertama di empat (4) kelas, dan di kejuaraan nasional sprint rally TGRI berhasil meraih gelar juara pertama, serta gelar juara kedua di kejuaraan nasional rally.

 

Kehadiran TGRI tidak hanya menjadi wujud realisasi dari komitmen Toyota di Indonesia untuk terus membangun motorsport nasional dan meraih gelar juara, namun juga sekaligus untuk mempopulerkan excitement serta Joy of GAZOO Racing kepada seluruh masyarakat Indonesia.

 

<Komitmen Toyota terhadap Netralitas Karbon di Asia melalui Multiple Pathways>

 

Toyota berkomitmen untuk netralitas karbon global pada tahun 2050 dengan cara yang praktis dan berkelanjutan yang juga menghadirkan Mobility for All, dan Toyota di Asia, sepenuhnya selaras dengan upaya ini.

 

Toyota sedang mengembangkan dan menghadirkan rangkaian (line-up) lengkap kendaraan listrik ke pasar Asia untuk memperluas opsi netral karbon dan pengurangan karbon bagi pelanggan, termasuk hybrid electric, plug-in hybrid electric, battery electric vehicles, dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen. Opsi ini memberikan pilihan untuk memenuhi perwujudan ekonomi pelanggan yang beragam, sumber energi yang tersedia, kesiapan infrastruktur pengisian daya, kebijakan industri, dan beragam kebutuhan mobilitas pelanggan di setiap Negara.

 

Pendekatan ini akan membantu dalam mencapai aspek elektrifikasi yang dapat diakses mencangkup skala dan kecepatan, mendukung tujuan nasional yang diprioritaskan masing-masing negara, termasuk netralitas karbon, peningkatan kualitas udara, pengurangan impor minyak, pengembangan industri, dan pekerjaan berkelanjutan sambil memberikan solusi mobilitas yang realistis. Dalam hal ini Toyota bertujuan untuk melakukan aksi nyata menuju netralitas karbon, berdasarkan prinsip dasar "Mobility for All" di mana ada tujuan untuk "Leave No One Behind".

 

Partisipasi ROOKIE Racing dan Toyota dalam balapan Buriram, menampilkan teknologi baru mesin hidrogen dan kendaraan berbahan bakar sintetik di wilayah tersebut. Hal ini memperkuat komitmen Toyota untuk lebih memperluas dan mempercepat pengembangan opsi mobilitas netral karbon ke Asia, melalui motorsports.

 

*1 Mesin hidrogen menghasilkan tenaga melalui pembakaran hidrogen yang menggunakan suplai bahan bakar dan sistem injeksi yang telah dimodifikasi dari yang digunakan pada mesin bensin. Kecuali untuk pembakaran oli mesin dalam jumlah kecil selama mengemudi, yang juga terjadi pada mesin bensin, mesin hidrogen mengeluarkan nol CO2 saat digunakan. Pembakaran pada mesin hidrogen terjadi lebih cepat daripada mesin bensin, menghasilkan karakteristik daya tanggap yang baik. Selain memiliki performa lingkungan yang sangat baik, mesin hidrogen juga berpotensi memberikan kesenangan saat berkendara, melalui suara dan getaran

Tautan film pendek:

https://global.toyota/en/newsroom/corporate/35209996.html

 

*2: Bahan Bakar Netral Karbon/ Bahan bakar sintetik adalah bahan bakar cair yang diproduksi secara artifisial dari karbon dioksida (CO2) dan hidrogen. Bahan bakar dianggap netral karbon karena jumlah CO2 yang dihasilkan saat membakarnya sama dengan yang diperoleh kembali dalam memproduksi bahan bakar. Bahan bakar sintetis yang terbuat dari hidrogen yang diproduksi dengan energi terbarukan dikenal sebagai "bahan bakar elektronik". Bahan bakar sintetik dan bahan bakar yang berasal dari tanaman ini adalah "bahan bakar netral karbon".

 

*3: Seri Super Taikyu adalah seri balap ketahanan mobil untuk kendaraan yang tersedia secara komersial yang diluncurkan di Jepang pada tahun 1991. Umumnya dikenal sebagai "S-Tai" di Jepang, balapan tersebut kemudian dikenal sebagai salah satu seri balapan ketahanan format terbuka terkemuka di Asia dan telah dicintai oleh banyak penggemar selama bertahun-tahun. Hal ini juga terlihat semakin banyak pengemudi dari negara-negara tetangga Asia yang berpartisipasi di dalamnya selama beberapa tahun terakhir.

 

Tentang Toyota Motor Asia Pacific

 

Toyota Motor Asia Pacific (TMAP) beropasi di Singapur menjadi pusat regional perusahaan dan anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation. TMAP memimpin dan mendukung area Asia Pacific dalam aktivitas penjualan dan pemasaran, service parts, aksesoris dan customer services, yang berkontribusi kepada pengembangan industry otomotif dan pertumbuhan ekonomi regional secara menyeluruh.

 

Toyota membayangkan mobilitas masyarakat di masa depan dengan menghadirkan kebebasan bergerak bagi semua orang. Ke depan, Toyota akan menyediakan beragam layanan mobilitas dan solusi transportasi kepada orang-orang di seluruh dunia seiring dengan transformasi Toyota menjadi perusahaan mobilitas.

 

 

 

 

 

 

 

 

Latest Article
Back to top