Skip to main content

Search Modal

New GR Yaris Dikembangkan Supaya Lebih Banyak Pengemudi Dapat Merasakan Joy of GR

Main Area

Main

New GR Yaris Dikembangkan Supaya Lebih Banyak Pengemudi Dapat Merasakan Joy of GR

Pushing the limits for Better, GAZOO Racing (GR) menghadirkan line-up terbaru GR Pure di Indonesia dengan memajang evolusi GR Yaris di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Hall 5B ICE BSD City, Tangerang – Banten, 18–28 Juli 2024.

Merupakan simbol produk TOYOTA GAZOO Racing (TGR), GR Yaris lahir melalui visi menghadirkan ever-better motorsports-bred cars. TGR terus berkompetisi di berbagai ajang motorsport khususnya WRC dengan menggunakan GR Yaris sejak model tersebut diluncurkan pada September 2020.

GR Yaris dikembangkan menggunakan metode reverse engineering. Cara ini memungkinkan engineer Toyota untuk membangun kendaraan rally yang cocok untuk kebutuhan motorsport dan kemudian disesuaikan lebih lanjut untuk versi produksi massal supaya tetap dapat dipakai setiap hari.

Sebagai syarat homologasi WRC, GR Yaris berhasil menarik animo pecinta sports car dan GR Enthusiast di seluruh dunia, termasuk di Indonesia meskipun hanya mendapatkan kuota sebanyak 127 unit yang langsung ludes terjual.

Tidak terlalu lama menunggu evolusi GR Yaris yang hadir di awal tahun 2024, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkannya sekarang untuk memberikan Joy of GR langsung dari balik kemudinya. Berikut beberapa sentuhan engineer TGR yang membuatnya tampil lebih memikat dan fun to drive.

Newly Developed 8-speed GR Direct AT

Permasalahan yang terjadi di lingkungan ekstrem seperti reli memberikan peluang untuk mengembangkan GR Yaris. TGR mengasah GR Yaris melalui penyempurnaan terus-menerus, menelusuri penyebab masalah dengan menganalisa data, meninjau driving feeling, dan memeriksa kondisi fisiknya.

TGR mengembangkan GAZOO Racing Direct Automatic Transmission 8-speed untuk memberikan kenikmatan maksimal dari Sport Hatchback ini. Kinerjanya bisa memaksimalkan penggunaan di track karena shifting lebih cepat untuk memperluas pengguna GR Yaris.

Hasilnya adalah sebuah mobil yang dirancang agar banyak pengemudi dapat menikmati pengalaman berkendara yang lebih sporty dan pushing this car to the limit. Sehingga, tidak hanya pembalap tetapi juga pengemudi harian dapat menikmati keandalan transmisi pintar ini.

Software kontrol transmisi otomatis dioptimalkan untuk berkendara sporty. Meskipun perpindahan gigi bergantung pada sensor kendaraan seperti deselerasi, g-force, kecepatan, dan lain-lain, perangkat lunak yang dioptimalkan secara cermat mampu mendeteksi cara pengemudi menginjak pedal gas dan rem.

Sistem ini mengantisipasi kapan perpindahan gigi diperlukan, bahkan sebelum perubahan perilaku kendaraan terjadi, untuk selanjutnya mewujudkan pemilihan gigi yang mencerminkan keinginan pengemudi. Karakter yang didapat mengarah pada cara pengemudi profesional memindahkan gigi yang cekatan dan presisi.

Transmisi pintar ini dites performance-nya oleh TOYOTA GAZOO Racing (TGR) World Rally Team di berbagai lintasan balap, serta peserta TGR Rally Challenge supaya memperoleh masukan berharga dari pembalap amatir. Mengujinya di jalan yang tertutup salju di Finlandia, serta dites oleh pereli profesional yang berkompetisi di Rally Jepang.

Penggunaan material gesekan yang sangat tahan panas pada kopling dan penyempurnaan perangkat lunak kontrol transmisi telah menghasilkan kecepatan perpindahan gigi kelas dunia. Aplikasi closed gear ratio berfungsi memaksimalkan power di setiap rentang RPM. Penggunaan Limited Slip Differential memastikan kinerja yang optimal ketika bermanuver di tikungan.

Peningkatan Tenaga dan Torsi Mesin yang Luar Biasa

GR Yaris dipersenjatai mesin G16E-GTS 1.600 cc 3 silinder direct injection turbocharger disertai penggerak 4 roda (4WD) GR-FOUR. Engine ini memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan, serta mampu beradaptasi dengan berbagai gaya mengemudi di berbagai kondisi jalan.

Salah satu dapur pacu paling powerful di dunia ini berhasil dimaksimalkan kembali kinerjanya oleh engineer TGR dengan membuat piston yang lebih ringan dan kuat, optimasi sistem D-4ST, dan operasional turbo yang lebih efektif. Power-nya meningkat dari 261 PS dan sekarang menyentuh angka 305 PS pada 6.500 rpm, sementara torsinya naik dari 360 Nm menjadi 400 Nm pada 3.250-4.600 rpm.

Drive Mode Select Meningkatkan Kenikmatan Berkendara

Selain pemilihan mode 4WD, mode berkendara baru juga tersedia untuk berkendara sporty dan mobilitas sehari-hari. Sistemnya sanggup mengatur karakter Electric Power Steering beserta respons throttle dan transmisi sehingga pengemudi dapat merasakan pengalaman berkendara yang memacu adrenalin.

Power steering elektrik, AC, dan powertrain dapat diatur sesuai preferensi pengguna dan karakteristik berkendara dimana mobil tersebut akan digunakan. Termasuk pula tampilan pada display panel instrumen yang memberikan gairah tersendiri dan menonjolkan nuansa fun to drive.

Peningkatan Fungsi Kokpit GR Yaris

Semakin driver-oriented, panel kontrol dan monitor dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk meningkatkan visibilitas dan pengoperasian. Perhatian khusus diberikan pada posisi tombol panel instrumen untuk kemudahan penggunaan saat berkendara sporty dan normal.

Postur driver telah diperbaiki dengan menurunkan posisi jok sejauh 25 mm dan menyesuaikan posisi kemudi. Selain itu, jarak pandang ke depan telah diperluas dengan memindahkan kaca spion tengah ke bagian atas kaca depan dan menurunkan tepi atas dasbor sebesar 50 mm.

Posisi tuas transmisi dinaikkan 75 mm dan menempatkannya pada posisi yang sama dengan tuas pemindah pada GR Yaris versi manual untuk memudahkan pengoperasian. Belajar dari ajang balap, arah perpindahan gigi tuas transmisi telah dibalik.

Mode Tiptronic pada model matic memberikan perpindahan gigi ke atas (akselerasi) diubah menjadi menarik tuas persneling, dan perpindahan gigi ke bawah (deselerasi) diubah menjadi mendorong tuas persneling sesuai pergerakan alami mobil, sehingga mewujudkan pengoperasian yang mirip transmisi sekuensial ala mobil balap.

Perubahan layout speedometer fokus menampilkan hal-hal yang esensial supaya perhatian pengemudi tidak banyak teralihkan dari jalan di depan. Fitur baru yang ditampilkan adalah panel instrumen TFT full color 12,3 inci yang fokus pada visibilitas dan informasi kendaraan yang diperlukan untuk berkendara cepat. Seperti driving mode, RPM, gear position, dan power distribution.

Selain menampilkan suhu oli transmisi otomatis, peringatan visual ditambahkan alarm untuk memperingatkan pengemudi yang berusaha memindahkan gigi di rpm terlalu tinggi. Inovasi ini mengikuti permintaan pembalap yang menggunakan helm saat mengendarai GR Yaris Prototype di Kejuaraan Rally Jepang.

Eksterior Bergaya Motorsport Lebih Sporty

Di bagian depan, grille bawah dilengkapi jaring baja yang tipis dan ringan namun tetap kuat, dan sisi bawah bumper depan memiliki struktur baru yang dapat dipisahkan. Hal ini memudahkan perbaikan dan penggantian jika terjadi kerusakan sekaligus mengurangi biaya perbaikan.

Kisi-kisi samping bawah kini dilengkapi bukaan lebih besar untuk membantu kinerja pendinginan. Selain itu, sisi bumper memiliki saluran keluar untuk membuang panas secara efektif dari sub-radiator dan pendingin cairan transmisi otomatis. Termasuk pengaturan air flow supaya lebih efektif mengalirkan angin dari depan.

Air dam di tepi bawah rear lower garnish memungkinkan udara mengalir dari bawah lantai untuk mengurangi hambatan aerodinamika serta meningkatkan kemampuan manuver dan stabilitas, termasuk membantu membuang panas dari knalpot.

Lampu belakang bagian atas dan bawah telah dirombak untuk menghindari kerusakan dan meningkatkan visibilitas saat berkompetisi. Selain itu, stop lamp yang dipasang tinggi telah dipisahkan dari spoiler belakang sehingga meningkatkan kemampuan mengatur spoiler.

Peningkatan Kekuatan Sasis New GR Yaris

Jumlah baut yang mengencangkan shock absorber bodi ditambah dari satu menjadi tiga untuk mengantisipasi pergerakan mobil selama di jalan. Rombakan ini mampu meningkatkan respons dan karakter mobil terhadap manuver kemudi dan akhirnya meningkatkan handling stability dan ride comfort.

Dengan meningkatkan jumlah titik pengelasan spot welding sekitar 13% dan penambahan body adhesive sekitar 24%, kekakuan bodi telah ditingkatkan untuk meningkatkan stabilitas pengendalian dan kenyamanan berkendara.

Latest Article
Back to top