Skip to main content

Search Modal

New Corolla Altis

Main Area

Main

New Corolla Altis

Let's Go Beyond.jpg

Backgrounder New Corolla Altis 2016

“PRESTIGE & PASSION”


The World’s Most Popular Sedan

Kehadiran Toyota Corolla pada November 1966 di Jepang merupakan momentum yang tepat. Saat itu perekonomian Jepang dalam peningkatan yang signifikan hingga memunculkan istilah “3-C” – Air Conditioner, Color Televisions, dan Cars – tiga hal ini seolah menjadi kebutuhan primer masyarakat Jepang.

Toyota Corolla menuai kesuksesan berkat dua faktor utama yang sangat penting;
1. Perekonomian Jepang yang meningkat pesat, dan
2. Tatsuo Hasegawa


Pertama, peningkatan perekonomian Jepang terjadi pasca Perang Dunia II, dimana Amerika Serikat sedikit banyak membantu Jepang terhindar dari keterpurukan serta menghindari Soviet menguasai kawasan Pasifik. Namun yang utama adalah kebijakan perekonomian dari Kementrian Perdagangan dan Industri Internasional Jepang tentang; kerja sama yang baik antara pabrik, supplier, distributor dan perbankan; serta sistem birokrasi yang akomodatif.

Kedua, Tatsuo Hasegawa adalah Development Leader untuk Corolla generasi 1 dan 2. Berkat di bawah pengawasan Hasegawa-san lah Corolla kemudian menjelma menjadi salah satu sedan tersukses dunia hingga saat ini.

Sebelum bertanggung jawab terhadap pengembangan Corolla, Hasegawa-san yang bergabung di Toyota Motor Corporation (TMC) sejak 1946, turut mengembangkan Crown, dan menjadi Chief Engineer Sports 800 legendaris serta Publica.

Corolla mulai dikembangkan sejak 1962. Namun pengembangan nya bukan tanpa kendala, bahkan berbagai keputusan harus dilakukan demi terciptanya sebuah kendaraan yang memang dibutuhkan konsumen dan yang mampu melebihi ekspektasi. Development sebuah kendaraan baru berarti investasi yang tidak sedikit, dan harapan akan kesuksesan Corolla sangat-lah tinggi – failure is not an option.

Pengalaman Hasegawa-san dalam menghadirkan Publica memberi pengaruh penting bagi Corolla. Apa yang ada pada Publica tidak boleh digunakan oleh Corolla dan harus sama sekali baru agar tercipta kendaraan yang dapat membuat pengguna-nya bangga akan desain, spesifikasi, kenyamanan dan kemewahan-nya.

Akhirnya, TMC memutuskan untuk berinvestasi membangun pabrik di Takaoka (Toyota City di Aichi Prefecture) khusus untuk merakit Corolla. Pabrik ini memiliki kemampuan merakit 30.000 unit per bulan, padahal saat itu produksi Toyota sebulan tercatat 50.000 unit.

Toyota Corolla yang resmi diluncurkan pada November 1966 hadir dengan tagline; “The most wanted car by the market — presented to the world by bringing together the essence of Toyota's technology”.

Kenyataannya generasi pertama Corolla hadir dengan berbagai keunggulan teknologi dan spesifikasi; tidak hanya “first in its class”, tapi memang belum pernah ada sebelumnya di jajaran Toyota dan diantara seluruh kendaraan di Jepang sekalipun.

Saat kendaraan lain masih menggunakan tuas transmisi pada kolom kemudi, Corolla yang pertama di Jepang memindahkan tuas transmisi pada lantai (konsol tengah) dengan transmisi manual 4-percepatan. Toyota sadar ini akan menjadi standar di masa depan, khususnya untuk perjalanan panjang.

Selain itu, Corolla juga yang pertama menggunakan suspensi MacPherson Strut – tidak hanya memberikan kenyamanan saat berjalan namun juga menghadirkan kompartemen mesin yang lebih luas.

Konsumen pun memberikan apresiasi pada Corolla berkat bangku lebih nyaman, ruang penumpang belakang yang lebih lapang (legroom & headroom) serta mesin K-series 1.100 cc yang lebih besar dari kompetitor saat itu.

Hingga kini sudah 11 generasi Toyota Corolla hadir di dunia dengan total penjualan melebihi 44 juta unit, menjadikan Toyota Corolla sebagai sedan paling sukses di dunia.

Toyota Corolla Milestone

Corolla Milestone

​​Corolla Milestone
​​Corolla Milestone


New COROLLA ALTIS

New Corolla Altis

Di awal 2017, PT Toyota-Astra Motor memberikan kejutan melalui kehadiran New Corolla Altis. Desain generasi ke-11 yang dinamis tetap dipertahankan namun kini mendapat sentuhan pada eksterior yang terlihat semakin prestis.

Desain grille pipih menyatu dengan headlamp anyar yang semakin modern dan premium. Lampu utama kini semakin cnaggih menggunakan Bi-Beam projector (V Grade) seperti pada Fortuner dan Sienta. Sementara Lower Grille depan tampak mewah melalui bilah hitam memanjang hingga foglamp. Sementara lampu buritan pun mendapat sentuhan prestis dengan mengubah tampilannya. Dari samping, ubahan yang utama adalah desain alloy wheel (V Grade), dan warna yang berbeda pada alloy wheel 16” G Grade.

Untuk menunjang eksterior yang premium, interior pun mendapat sentuhan kemewahan, antara lain pada;

Rear Reclining Seat yang memberikan penumpang belakang kenyamanan, khususnya saat perjalanan jauh atau dalam kemacetan

Information display dengan tampilan baru, memberikan informasi yang memadai mengenai kendaraan

Corolla - Information display dengan tampilan baru, memberikan informasi yang memadai mengenai kendaraan

- Lubang AC yang retro-classic

Corolla - Lubang AC yang retro-classic

- Desain Center Cluster anyar yang modern

Corolla - Desain Center Cluster anyar yang modern

- Kontrol AC dengan paddle lever (V Grade)

Corolla - Kontrol AC dengan paddle lever (V Grade)

- Lingkar kemudi dengan tombol untuk MID

Corolla - Lingkar kemudi dengan tombol untuk MID

Cruise Control (V Grade), untuk kenyamanan berkendara

Corolla - Cruise Control (V Grade), untuk kenyamanan berkendara

- Sport Drive Mode (V Grade) :
Memberikan sensasi fun to drive

Corolla - Sport Drive Mode (V Grade)

Sementara untuk safety features Corolla semakin lengkap dengan 7 airbags (Driver, Passenger, Knee, Side Airbag dan Curtain Airbag), Vehicle Stability Control serta Emergency Brake Signal (V Grade).


New Corolla Altis Specification

New Corolla Altis Specification

New Corolla Altis Specification

Latest Article
Back to top