Skip to main content

Search Modal

Mitos atau Fakta, Klaim Warranty Mobil Bisa Ditolak, Pahami Syarat dan Ketentuan Supaya Hati Tenang

Main Area

Main

Mitos atau Fakta, Klaim Warranty Mobil Bisa Ditolak, Pahami Syarat dan Ketentuan Supaya Hati Tenang

Salah satu keuntungan membeli mobil baru Toyota adalah tersedia warranty resmi untuk melindungi mobil dari kerusakan. Jaringan dealer resmi Toyota akan memberikan perbaikan atau penggantian komponen yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak secara gratis yang termasuk dalam skemanya.

Toyota berkomitmen untuk memberikan rasa tenang kepada pelanggan dengan menyiapkan program warranty yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Namun sebelumnya, pahami dahulu syarat dan ketentuannya supaya klaim warranty tidak ditolak.

Arti dari Warranty Mobil

Warranty mobil adalah jaminan tertulis atas kualitas produk dan pernyataan tanggung jawab produsen untuk memperbaiki atau mengganti produk yang rusak secara cuma-cuma untuk setiap masalah desain atau produksi yang ditemukan pada kendaraan.

Berlakunya masa warranty adalah sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam buku servis, atau permintaan dan pemberitahuan khusus produsen mobil.

Masa Berlaku Warranty Mobil Toyota

Masa berlaku warranty di bengkel resmi Toyota adalah 3 tahun atau 100.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, terhitung mulai tanggal penyerahan mobil ke pelanggan. Khusus untuk baterai, masa berlaku warranty adalah 1 tahun atau 20.000 Km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Sementara untuk baterai mobil hybrid Toyota, masa berlaku warranty adalah 8 tahun atau 160.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu. Khusus untuk ban mobil, warranty diatur tersendiri dengan jaminan yang disediakan oleh produsen ban.

Syarat Warranty Dapat Berlaku

Anda harus merawat mobil Toyota dengan baik dan benar sesuai buku pedoman pemilik kendaraan dan buku warranty Toyota. Anda juga wajib melaksanakan servis berkala di bengkel resmi Toyota, mulai dari servis berkala 1.000 km atau 1 bulan pertama dan lanjut setiap kelipatan 10.000 km atau 6 bulan.

Klaim warranty dapat berlaku jika suatu saat terjadi kerusakan karena catatan kondisi mobil dan rekaman perbaikan tercatat dengan baik. Anda wajib pula menyimpan bukti pelaksanaan servis berkala dalam masa warranty untuk diperlihatkan ketika klaim kerusakan.

Kepemilikan Kendaraan Berpindah

Tuntutan warranty akan dikabulkan dengan syarat pemilik pertama atau pemilik berikutnya melaksanakan kewajiban servis berkala secara berkesinambungan di bengkel resmi Toyota, dan menunjukkan bukti-bukti servis berkala tersebut kepada petugas yang menangani klaim warranty.

Untuk menjamin kelanjutan sisa masa berlakunya warranty, pemilik berikutnya wajib untuk melaporkan bukti kepemilikan kendaraan barunya kepada dealer resmi Toyota. Termasuk melanjutkan servis berkala sesuai ketentuan.

Kondisi Warranty Mobil Tidak Berlaku

Tidak semua komponen mobil Toyota dapat ditanggung oleh warranty. Selain itu, ada pula beberapa hal penting yang membuat warranty kendaraan tidak berlaku. Berikut pengecualian dari warranty mobil Toyota:

  1. Biaya perbaikan yang diperlukan sebagai akibat dari modifikasi, kerusakan yang disebabkan oleh pemakaian suku cadang yang bukan suku cadang asli, kecelakaan, pemakaian yang tidak semestinya, ketidakpedulian, keteledoran pemakaian. Makanya, Anda harus hati-hati ketika ingin memodifikasi mobil karena bisa membuat warranty tidak berlaku.
  2. Faktor-faktor yang sulit dikontrol oleh pabrik.
  3. Kesalahan perawatan atau kesalahan penggunaan bahan bakar, oli pelumas, minyak (fluida).
  4. Biaya jasa dari pekerjaan pre-delivery dan servis berkala.
  5. Bahan-bahan dan komponen servis berkala.
  6. Bunyi, getaran, berisik, dan perubahan bentuk yang tidak normal.
  7. Biaya ekstra.
  8. Mengubah odometer.
  9. Pemilik kendaraan tidak melaksanakan servis berkala gratis selama periode warranty.

Cara Klaim Warranty Mobil ke Bengkel Resmi Toyota

Anda tinggal membawa mobil Toyota dan buku warranty ke bengkel resmi Toyota terdekat untuk mengklaim kerusakan. Service advisor akan melakukan evaluasi klaim warranty. Jika sesuai ketentuan, maka pihak workshop akan memulihkan kerusakan dengan cara perbaikan atau mengganti komponen yang rusak.

Parts Warranty

Toyota juga memberikan warranty atas parts yang diganti selama 12 bulan / 20.000 km, mana yang tercapai lebih dahulu. Permintaan warranty akan dikabulkan dengan syarat pembelian dan pemasangan dilakukan di bengkel resmi Toyota.

Latest Article
Back to top