Sejak pertama hadir di akhir tahun 2022, All New Kijang Innova Zenix langsung memikat hati keluarga Indonesia. Generasi ke-7 Toyota Kijang ini menjanjikan performa berkendara yang superior dan ramah lingkungan untuk mewujudkan mobilitas yang nyaman dan aman.
Tidak heran jika mobil ini langsung menjadi salah satu kontributor penjualan Toyota di Indonesia. Periode Januari – November 2023 lalu, Kijang Innova Zenix mencatat penjualan sebesar 57.618 unit, bersama Avanza 56.432 unit, dan Calya 41.683 unit.
Popularitas Kijang Innova Zenix langsung mendampingi Avanza sebagai sesama lokomotif penjualan Toyota tahun ini. Khusus kendaraan elektrifikasi (xEV), Kijang Innova Zenix HEV kembali memimpin karena laku 24.250 unit, diikuti Yaris Cross HEV 5.284 unit, dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.
Total penjualan HEV Toyota tahun 2023 sebanyak 33.603 unit, naik signifikan dari total penjualan antara 2020 – 2022 sejumlah 7.411 unit. Berikut daftar keunggulan Toyota Kijang Innova Zenix hingga kembali dipercaya oleh masyarakat:
1. Aplikasi Platform TNGA:GA-C
Jika generasi sebelumnya menggunakan platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) bersama Fortuner dan Hilux, sekarang Kijang Innova Zenix secara khusus memakai platform Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan ladder-on-frame.
Platform canggih ini memberikan peluang bagi engineer Toyota untuk meningkatkan rigiditas bodi, mengurangi berat mobil, serta mengurangi noise di kabin mobil, sebagai upaya meningkatkan kestabilan dan kenyamanan mobilitas.
Platform baru ini memungkinkan untuk dipasang berbagai teknologi advance terkini seperti mesin 2.0L TNGA, Toyota Hybrid System Gen-5, dan transmisi 10-Speed Direct Shift CVT. Termasuk sistem gerak roda depan (FWD) setelah puluhan tahun mengandalkan gerak roda belakang (RWD).
2. TNGA 2.0L Engine yang Powerful dan Efisien
Salah satu perubahan mendasar pada Innova Zenix adalah penggunaan dapur pacu baru yang selaras dengan all new platform dengan target mendapatkan performa dan konsumsi BBM terbaik dan semakin ramah lingkungan.
All New Kijang Innova Zenix menggunakan mesin TNGA 2.0L khusus gasoline M20A-FKS Dynamic Force Engine yang efisien dan powerful. Dapur pacu 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 rpm.
Mesin ini menawarkan performa yang jauh lebih baik dengan menghadirkan kombinasi yang optimal antara akselerasi dan konsumsi BBM. Kualitas berkendara turut meningkat berkat penyaluran tenaga yang optimal di setiap rentang putaran mesin dengan distribusi yang halus dan sesuai kebutuhan.
3. Hadirkan Teknologi Hybrid EV Toyota Terkini
Mesin TNGA 2.0L khusus hybrid berkode M20A-FXS pada Innova Zenix Hybrid EV berkubikasi 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm. Diperkuat motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm dengan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.
Motor listrik compact, dikembangkan komponen di dalamnya untuk meningkatkan power output. Ditambah, downsized transaxle sebagai penyalur tenaga ke roda depan yang ditingkatkan kinerjanya untuk menyediakan efisiensi terbaik dan lebih senyap ketika beroperasi.
4. Baterai Hybrid Ni-MH yang Bertenaga dan Kompak
MPV ini menggunakan baterai hybrid Ni-MH dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan tanpa mengintrusi kabin. Terdapat filter pada tutup saluran udara pendingin baterai untuk menekan penumpukan debu di jalur pendinginan sehingga baterai penggerak motor listrik ini lebih tahan lama.
5. Transmisi CVT 10-Speed Direct Shift yang Canggih
Innova Zenix tidak lagi mempunyai opsi transmisi manual dan digantikan transmisi CVT K120 yang halus dan responsif. Mode Sequential Shiftmatic 10-speed diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual untuk meningkatkan kenikmatan berkendara.
Semakin inovatif, terdapat kolaborasi antara sabuk baja dan gigi transmisi untuk memperlebar jangkauan rasio transmisi guna mendapatkan tenaga mesin paling optimal pada kondisi berkendara yang sangat dinamis.
Toyota menambahkan roda gigi dengan rasio 3,337 untuk maju dan 3,136 untuk mundur yang bersinergi dengan rasio sabuk baja CVT di rentang 2,236-0,447. Sementara final gear ratio 4,262 memastikan akselerasi yang mudah di berbagai kondisi dan beban berkendara serta performa engine brake yang memadai.
6. Ada Fitur Uphill/downhill Shift Control
Fitur Uphill/downhill Shift Control memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan berkendara melewati rute pegunungan. Sistemnya menilai jalan menanjak atau menurun sesuai bukaan gas dan kecepatan mobil.
Saat menanjak, kontrol pedal akselerasi ditingkatkan untuk memperoleh tenaga ekstra. Saat menuruni bukit dan mobil meluncur semakin cepat, downshift diaktifkan secara otomatis. Selain itu, saat rem mulai bekerja, downshift ditambahkan untuk memberikan efek engine brake lebih kuat.
7. Pilihan Mode Berkendara Lengkap
Tipe G HV, V HV dan Q HV dilengkapi mode berkendara Eco, Normal, Power, dan EV. Sementara model G dan V Gasoline hanya memiliki mode berkendara Eco, Normal, dan Power. Selama menggunakan mode Power, respons terhadap perubahan rasio sabuk baja ditingkatkan sehingga pengemudi dapat lebih merasakan G-force.
Anda dapat merasakan pengalaman unik sebuah mobil listrik dengan mengoperasikan mode EV (Electric Vehicle) pada model HEV. Selain lebih hemat bensin dan responsif sejak pedal gas diinjak, mobil ini juga zero emission karena motor bakar tidak beroperasi.
8. Kabin Lebih Lapang
Benefit paling bernilai dari aplikasi platform TNGA: GA-C adalah ruang kabin yang ekstra lapang. Panjang bagian dalam kabin mencapai 1.746 mm atau bertambah 56 mm. Sementara hip room bangku baris pertama dan kedua mencapai 1.488 mm atau lebih lebar 46 mm, dengan ruang kepala di bangku tengah selega 85 mm atau lebih tinggi 32 mm dari model lawas.
9. Kualitas Berkendara Meningkat Drastis
Keuntungan lain platform TNGA adalah peningkatan kualitas berkendara yang signifikan. Seperti rigiditas chassis yang membuat mobil lebih stabil dan mudah dikendalikan. Berkurangnya berat hingga 170 kg dibandingkan model sebelumnya, memberikan kualitas berkendara lebih baik dan hemat bensin.
Sistem suspensi MacPherson strut di depan dan semi-independent torsion beam di belakang mampu meredam guncangan jalan. Electric Power Steering (EPS) dikembangkan supaya dapat memberikan putaran kemudi yang ringan di kecepatan rendah dan semakin berat dan responsif di kecepatan tinggi.
10. Fitur Kabin yang Paripurna
Duduk di bangku pengemudi, combination meter memperoleh sentuhan supaya mudah dibaca dan fokus pada informasi penting. Terdapat Multi Information Display (MID) 7 inch untuk model Hybrid EV dan 4.2 inch MID untuk model gasoline. TSS button untuk mengoperasikan Toyota Safety Sense (TSS), display, dan cruise control terdapat di kemudi mewah tipe Q HV.
Smartphone Connectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking tersedia pada 10 inch Display Audio (tipe Q HV dan V) dan 9 inch Display Audio (tipe G). Pertama di kelasnya, tipe Q HV dilengkapi 10 inch Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection yang dapat dioperasikan secara independen.
Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH) bersama Start Stop Button + Smart Entry menjadi fitur standar di semua model. Penumpang mendapatkan wireless charger di konsol tengah, beserta 4 USB C slot khusus tipe Q HV. Semakin nyaman dan mewah, Digital Auto AC dengan dual zone tersedia pada semua tipe All New Kijang Innova Zenix.
Spesial pada Q HV, disediakan captain seat di kabin tengah dengan kursi ottoman electric recline yang nyaman karena dilengkapi leg rest, dengan long slide untuk memperluas ruang kaki. Power Back Door with Voice Command otomatis membuka bagasi, Panoramic View Monitor menghasilkan visibilitas luas ketika parkir mundur, dan DVR bertindak sebagai dashboard camera.
Tipe Q HV menggunakan bangku two-tone berbahan kulit sintetis yang mewah dan nyaman. Sementara tipe V HV menggunakan bahan fabric emboss. Untuk tipe G, G HV, dan V memakai bahan fabric berkualitas. Tambahan untuk Q HV, jok memanfaatkan material embossed upholstery, perforation, dan double-stitching sebagai penegas status pemiliknya.
11. Fitur Keamanan yang Lengkap dan Canggih
Platform TNGA: GA-C dilengkapi penguatan pada chassis untuk menjaga penumpang dari benturan di segala sisi mobil. Selain itu, tipe Q HV memiliki 6 SRS Airbags terdiri dari dual airbags, side airbags, dan curtain side air bags (CSA), di mana model di bawahnya mendapatkan dual airbags. Fitur Vehicle Approach Notice di tipe Q HV, dan V HV, memberikan peringatan kepada pengemudi jika ada kendaraan lain atau pejalan kaki mendekati titik tertentu kendaraan.
Rem mobil dapat bekerja optimal berkat disc brake 16 inch di seluruh roda bersama fitur ABS+EBD+BA. Sensor parkir terdapat di semua model, di mana tipe Q HV ditambah corner sensor. Parkir mundur dibantu kamera parkir (seluruh tipe) dan panoramic view monitor (model Q HV). Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) merupakan mandatory.
12. Toyota Safety Sense 3.0
All New Kijang Innova Zenix dilengkapi teknologi keselamatan Toyota tercanggih yang mengandalkan sensor dan radar, yaitu Toyota Safety Sense 3 (TSS 3.0). Terdiri dari atas Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).
13. Silakan Pilih 7 Model Gasoline dan Hybrid
All New Kijang Innova Zenix tersedia dalam 7 tipe yang dibagi menjadi 3 tipe utama yaitu Q, V dan G. Pada tipe Q 2.0 HV, kendaraan ini telah dilengkapi dengan TSS 3.0 dan tersedia pilihan Modellista sebagai styling package tambahan.
Di tpe V, terdapat 2 pilihan engine yaitu Gasoline dan Hybrid EV, dimana untuk tipe 2.0 V HV tersedia opsi Modellista. Di tipe G, juga tersedia 2 pilihan mesin termasuk hybrid. Hal ini menjadikannya sebagai produk Toyota pertama yang menjadikan Hybrid EV sebagai opsi di setiap tipe.