Skip to main content

Search Modal

Kuncinya adalah Servis Berkala, Perawatan Mobil Hybrid Toyota Tidak Repot dan Sama dengan Mobil Toyota Lainnya, Program T-CARE Permudah Servis Berkala

Main Area

Main

Kuncinya adalah Servis Berkala, Perawatan Mobil Hybrid Toyota Tidak Repot dan Sama dengan Mobil Toyota Lainnya, Program T-CARE Permudah Servis Berkala

Pemerintah memberikan diskon PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) mobil hybrid sebesar 3% untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Selain itu, mobil hybrid atau Hybrid Electric Vehicle (HEV) juga diakui andal di jalan yang membuatnya kian populer dan mendominasi pasa kendaraan elektrifikasi.

Namun begitu, kepuasan pelanggan tidak hanya ditentukan dari harga kompetitif dan produk berkualitas. Pertimbangan lain yang sama pentingnya adalah ketika mobil dipakai setiap hari, yakni perawatan dan perbaikan kendaraan.

Pada dasarnya, perawatan dan perbaikan HEV Toyota sama dengan mobil pembakaran dalam (ICE). Memang ada komponen hybrid engine: mesin bensin, motor listrik, generator listrik, Power Control Unit, dan Power Split Device (PSD) yang membagi distribusi tenaga dari mesin  bensin, motor listrik, dan generator listrik.

Meskipun menyandang nama HEV yang dikenal canggih dan kompleks, bukan perkara sulit dalam perawatan rutin mobil hybrid Toyota. Anda hanya perlu servis berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km, sama dengan mobil Toyota pada umumnya, di bengkel resmi Toyota terdekat.

Pada dasarnya, seluruh kendaraan elektrifikasi Toyota akan menjalankan periode servis berkala yang sama. Komponen yang diperiksa pun sama, ditambah pengecekan onderdil yang hanya ada di xEV seperti baterai, motor listrik, charging system, dan sistem pengendalinya.

Kalau ada kerusakan, Anda tinggal membawa mobil ke bengkel resmi Toyota, termasuk jika melibatkan hybrid engine. Perbaikan bodi mobil yang baret atau penyok dapat pula ditangani dengan baik. Dengan standar Toyota global, semua bengkel resmi Toyota memiliki kualitas pengerjaan yang sesuai harapan pelanggan.

Pun urusan penggunaan sehari-hari, Anda hanya perlu mengemudikannya sesuai prinsip safety driving dan mematuhi aturan lalu lintas. Tidak perlu pusing memikirkan cara kerja hybrid engine. Paling kalau ada, pastikan menggunakan bensin sesuai rekomendasi Toyota untuk mempertahankan kinerja mesin.

Servis Berkala adalah Kuncinya

Servis berkala berguna untuk menjaga performa mobil agar tetap aman dan nyaman ketika dipakai. Aktivitas rutin ini dapat segera mendeteksi potensi masalah agar diambil langkah perbaikan. Dengan begitu, biaya lebih besar karena kerusakan semakin berat atau mobil mogok dapat dihindari.

Servis berkala memastikan klaim garansi tidak gugur jika terjadi kerusakan karena rekaman perawatan dan perbaikan mobil tercatat dengan baik. Penggunaan komponen orisinal Toyota memastikan usia pakai yang panjang dan minim kendala.

Sangat penting untuk pelanggan di Indonesia adalah terkait resale value atau harga jual kembali. Servis berkala membuat harga jual kembali mobil ikut terjaga karena track record-nya dapat dicek oleh calon pembeli sebagai bukti Anda serius merawat mobil hybrid Toyota.

Penanganan Mobil Hybrid Toyota Saat Servis Berkala

Toyota merekomendasikan servis berkala adalah pada 1 bulan pertama, dan setiap kelipatan 6 bulan. Yang rutin diganti setiap servis berkala adalah oli dan filter mesin, filter udara, dan gasket oli mesin. Ditambah uji emisi untuk diagnosa kondisi mesin dan rotasi ban bersama spooring dan balancing-nya.

Selain itu, ada pula onderdil lain yang diganti secara periodik namun tidak setiap jadwal servis berkala. Seperti filter kabin untuk menyaring udara AC yang diganti setiap servis berkala ke-3, ke-5, dan ke-7. Sementara filter udara mesin dan cairan rem diganti pada servis berkala ke-5.

Selain itu, bengkel resmi Toyota juga melakukan pemeriksaan komponen mobil seperti hybrid engine beserta parts pendukungnya. Ketika ada potensi kerusakan, maka akan didiskusikan ke pelanggan untuk perbaikan lebih lanjut.

Program T-CARE Permudah Servis Berkala

Bagi pelanggan yang menggunakan HEV, sudah termasuk dalam program T-CARE yang merupakan program Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 km, mana yang lebih dulu).

Selain itu, ada tambahan benefit berupa extended warranty 1 tahun / 20.000 km, jika pelanggan rutin melakukan servis tepat waktu sesuai rekomendasi TAM. Benefit program ini dapat dinikmati di 312 bengkel resmi Toyota di Indonesia.

Warranty Baterai Hybrid Toyota

Mobil hybrid Toyota memiliki komponen penting yakni baterai. Ada kekhawatiran daya tahan baterai, Toyota memproduksi baterai yang sesuai dengan kondisi iklim dan berkendara di Indonesia. Lebih lanjut, Toyota memberikan garansi baterai Hybrid EV selama 8 tahun atau 160.000 km.

Latest Article
Back to top