Skip to main content

Search Modal

Kolaborasi Teknologi ESTEC dan TSWIN Untuk Mesin Diesel Lebih Bertenaga

Main Area

Main

Kolaborasi Teknologi ESTEC dan TSWIN Untuk Mesin Diesel Lebih Bertenaga

Jakarta – Toyota Motor Corporation (TMC) terus mengembangkan mesin diesel dengan memproduksi mesin berkode GD untuk jajaran produk sport utility vehicle (SUV). Sejak diproduksi pada tahun 2015, mesin GD mengusung teknologi Economy with Superior Thermal Efficient Combustion (ESTEC) serta Thermo Swing Wall Instulation (TSWIN) yang menghasilkan tenaga lebih besar, efisien, dan ramah lingkungan.



Peningkatan kebutuhan kendaraan sport utility vehicle (SUV) kian meningkat, dengan diiringi permintaan mesin diesel berteknologi. Melihat hal ini, TMC memproduksi mesin diesel berkode GD secara global pada tahun 2015, yang kemudian secara resmi menggantikan mesin diesel Toyota sebelumnya yaitu KD.

Mesin GD mengusung konfigurasi 4 silinder common-rail dengan 2 pilihan yaitu 1GD-FTV berkapasitas mesin 2,755cc serta 2GD-FTV memiliki kapasitas 2,393cc dilengkapi dengan variable nozzle turbocharged. Kedua mesin ini dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu ESTEC dan TSWIN.

 

ESTEC merupakan teknologi terbaru yang diusung oleh Toyota untuk memaksimalkan distribusi bahan bakar serta udara secara optimal. Sehingga mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

 

Sementara, teknologi TSWIN membantu meningkatkan durabilitas serta efisiensi dengan struktur berbahan aluminium anodized berpori dengan ukuran 250nm pada head piston. Melalui hal tersebut, lapisan permukaan pada head piston mencegah terjadinya energy terbuang saat pembakaran  sehingga mendapatkan pembakaran yang lebih maksimal.

 

Melalui kolaborasi kedua teknologi tersebut mesin 1GD-FTV menghasilkan kompresi rasio sebesar 15.6:1 serta menghasilkan tenaga sebesar 177 PS dan torsi maksimal 42,8 kgm. Mesin ini digunakan pada jajaran produk Land Cruiser Prado, dan Hilux. Selanjutnya, pada mesin 2GD-FTV mampu menghasilkan tenaga sebesar 149 PS pada putaran 3.400 rpm dan torsi maksimal 40,8 kgm pada putaran 1.600 rpm. Mesin ini digunakan pada jajaran produk All New Fortuner, Hilux, dan Grand Innova.

Latest Article
Back to top