Skip to main content

Search Modal

Ketangguhan dan Durabilitas Jadi DNA Land Cruiser di Setiap Generasi

Main Area

Main

Ketangguhan dan Durabilitas Jadi DNA Land Cruiser di Setiap Generasi

Jakarta – Kendaraan diciptakan dengan karakter serta identitas berbeda-beda, seperti halnya pada Land Cruiser dikenal dengan kendaraan tangguh serta durabilitas di segala medan. Diperkenalkan sejak tahun 1951, kini Land Cruiser telah berevolusi dari kendaraan berbasis Jip menjadi kendaraan sport utility vehicle (SUV) tangguh, berteknologi melalui mesin diesel V8, sistem pengendalian medan, sasis yang kokoh, serta berbalut kemewahan melalui interior full leather dan premium audio system.

Land Cruiser berevolusi menjadi kendaraan offroad serbaguna atau sport utility vehicle (SUV) dengan mesin tangguh serta fitur keselamatan dan keamanan teratas di kelasnya. Land Cruiser pertama kali diproduksi oleh Toyota Motor Corporation (TMC) pada tahun 1950 dengan menggunakan basis jip dalam memenuhi kebutuhan pemerintahan pada saat itu. Basis jip memiliki struktur bodi yang kokoh dengan ground clearance tinggi yang mampu menghadapi segala medan.

Pada awal produksi, Land Cruiser mengusung nama “Jeep BJ” dan “FJ” dengan mengusung mesin tipe B berkapasitas 3.400cc 6 silinder. Ketangguhannya diuji oleh Ichiro Taira (seorang test driver asal Jepang) dengan mengendarai prototipe Jeep BJ hingga tingkat keenam Gunung Fuji. TMC meningkatkan kualitas Jeep BJ dan FJ dengan model terbaru yaitu seri-20 dan 30, hingga akhirnya diberi nama Land Cruiser oleh Hanji Umehara selaku direktur teknik TMC saat itu. Melalui Land Cruiser seri-20 dan 30, Toyota mulai memproduksi secara massal kendaraan di kelas Jip untuk diimpor ke pasar Australia.

Menjajaki usia 10 tahun, TMC melakukan pengembangan Land Cruiser dengan meluncurkan seri-40 “FJ-40”. TMC hadirkan Land Cruiser FJ-40 dengan dua pilihan mesin bertenaga yaitu bensin 4.200cc dan diesel 3.600cc bertransmisi 3 percepatan dengan penggerak 4 roda. Selain itu, TMC memperkuat serta meningkatkan stabilitas struktur sasis dan bodi. Melalui penyempurnaan tersebut, TMC melakukan perluasan terhadap pasar Land Cruiser ke beberapa negara, salah satunya yaitu Indonesia.

PT Toyota Astra-Motor (TAM) memperkenalkan Land Cruiser pertama kali di hadapan masyarakat tanah air pada tahun 1971. Toyota optimis kehadiran Land Cruiser FJ-40 mampu menjawab kebutuhan pasar otomotif Indonesia. Seri ini hadir dengan dua pilihan model atap yaitu kanvas serta hardtop. 

Beranjak 25 tahun, Land Cruiser semakin inovatif dengan diluncurkannya seri-55 yang mengusung kombinasi basis jip dan station wagon. Hal ini juga menjadi langkah awal revolusi Land Cruiser menjadi sport utility vehicle (SUV). Pada seri ini, TMC mengusung mesin berkapasitas 3.900cc serta 4.200cc berbahan bakar bensin dengan menyempurnakan sistem transmisi menjadi 4 percepatan.

Di tahun 1981, Toyota kembali melakukan penyempurnaan sasis panjang (long chassis) dengan menghadirkan tingkat stabilitas tinggi, serta minim body roll melalui Land Cruiser FJ60. Melalui penyempurnaan tersebut, Land Cruiser resmi berevolusi menjadi kendaraan jenis SUV. Tidak hanya itu, FJ60 menghadirkan kendaraan SUV dengan kapasitas 5-7 penumpang.

Di seri yang sama, Toyota mengembangkan teknologi mesin diesel dengan turbocharged pertama. Mesin tersebut memiliki kapasitas 4.000 cc dengan penggerak 4 percepatan. Selain itu, Land Cruiser FJ60 dibekali dengan dua pilihan transmisi yaitu otomatis dan manual berpenggerak 4 roda. 

Evolusi Land Cruiser menjadi sport utility vehicle (SUV) yang semakin sempurna membuat kendaraan serbaguna dengan penggerak 4 roda ini tidak hanya dikenal sebagai mobil pekerja berat. Hal ini terlihat pada seri-80 yang dihadirkan TAM pada tahun 1995, yaitu Land Cruiser STD dan VX Turbo. Fungsinya makin melebar, bisa beralih dari jip tangguh menjadi kendaraan sehari-hari yang dipakai melaju di aspal mulus. 

Perjalanan panjang Land Cruiser membuktikan DNA ketangguhan dan durabilitas menjadi identitas yang melekat. Sebagai bentuk apresisasi untuk para konsumen, TAM menghadirkan New Land Cruiser dengan mesin diesel turbocharged dengan konfigurasi V8 berkapasitas 4,461cc. Mesin tersebut hadir dengan tenaga sebesar 235 PS dan torsi sebesar 62.8 kgm. Darah offroad semakin lengkap dengan kehadiran teknologi “Manage Terrain” untuk menyesuaikan medan yang akan dilintasi.

Tidak hanya dibekali mesin bertenaga, Land Cruiser juga dilengkapi fitur keselamatan dengan 10 titik airbag, hill assist control, vehicle stability control, multi terrain ABS, steel leader frame dan ability untuk kondisi ekstrim. 

Sumber; Wikipedia, Toyota.astra.co.id 

Latest Article
Back to top