Skip to main content

Search Modal

Keliling Indonesia Pakai Campervan Konversi dari Toyota Hilux Rangga Cab & Chassis, Varian Diesel Otomatis Paling Cocok Sebagai Motorhome

Main Area

Main

Keliling Indonesia Pakai Campervan Konversi dari Toyota Hilux Rangga Cab & Chassis, Varian Diesel Otomatis Paling Cocok Sebagai Motorhome

Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dengan keanekaragaman budaya yang tinggi. Setiap daerah memiliki gaya hidupnya sendiri yang khas, dengan bentang alam yang indah dan membuat siapapun ingin menikmatinya.

Keadaan ini mengundang beberapa orang untuk menikmatinya dengan cara berkeliling Indonesia menggunakan jalur darat. Dengan kondisi medan yang menantang, dibutuhkan kendaraan yang andal dan tangguh supaya perjalanan dapat lancar tanpa kendala.

Mobil jenis campervan sendiri belum terlalu populer di sini. Namun perlahan, mulai banyak yang menggunakannya untuk sekadar healing di area perkemahan atau touring antar kota yang menyenangkan.

Camper Jajago Untuk Keliling Indonesia

Salah satunya adalah Jajago Keliling Indonesia, suami istri asal Pontianak John dan Riana yang memilih Hilux Rangga untuk menemani misi touring keliling Indonesia. Keduanya mendesain dan mengonversinya menjadi campervan yang sesuai impian bersama.

Sebagai pelanggan private pertama yang memesan konversi Hilux Rangga, pasangan tersebut memercayakan Hilux Rangga Cab & Chassis High Diesel A/T yang memang cocok untuk kebutuhan konversi pelanggan private.

Kebutuhan sebagai motorhome yang nyaman dan fungsional, membuat kabinnya dapat diperluas saat berhenti hingga 24%. Pekerjaan ini cukup menyita perhatian karena karoseri harus memikirkan mekanisme penggeraknya.

Termasuk melengkapi kabin dengan berbagai fitur rumah tangga. Seperti sofa yang dapat diubah menjadi tempat tidur, kompartemen barang, kulkas, AC, kitchen set, torrent air, closet duduk dan kamar mandi outdoor, serta kanopi otomatis untuk bersantai di luar.

Rumah berjalan ini dirancang lebih kedap suara dan mampu menjaga suhu di dalam tetap stabil berkat insulasi maksimal, memastikan kenyamanan dalam kondisi suhu lingkungan panas ataupun dingin.

Masih ada ruangan lagi di atas kabin pengemudi. Karena hanya diisi oleh dua orang, area tersebut dijadikan tempat penyimpanan. Namun area tersebut bisa juga dijadikan tempat tidur tambahan.

Ramah lingkungan dan tidak tergantung sumber listrik dari luar, mobil ini memakai panel surya hingga 720 WP untuk kebutuhan listrik harian dan menyimpan daya baterai berkapasitas total 7.400 Watt.

Toyota Hilux Rangga Cab & Chasiss Sebagai Basis Campervan

Kebutuhan konversi dipenuhi oleh Toyota Hilux Rangga Cab & Chassis (C&C). Terdapat 3 tipe Hilux Rangga Cab & Chassis: Hilux Rangga Cab & Chassis 2.0 Gasoline Standard M/T, Hilux Rangga Cab & Chassis 2.4 Diesel Standard M/T, dan Hilux Rangga Cab & Chassis 2.4 Diesel High A/T.

Kalau ingin model paling basic, tipe Standard dengan opsi mesin bensin dan diesel dapat dipilih. Namun kalau ingin lebih nyaman dan berlimpah fitur termasuk transmisi otomatis yang cocok untuk dikonversi sebagai campervan, tipe High pilihannya.

Hilux Rangga C&C hadir dengan dua pilihan mesin: bensin 1TR-FE 2.000 cc yang menawarkan kenyamanan berkendara dengan pengoperasian yang lebih senyap, dan diesel 2GD-FTV 2.400 cc yang bertenaga namun tetap hemat bahan bakar meski membawa muatan penuh.

Varian diesel bertenaga 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi sangat besar 343 Nm pada 1.400–2.800 rpm untuk transmisi manual 5-speed, di mana transmisi otomatis 6-speed lebih kuat lagi yakni 400 Nm pada 1.600–2.000 rpm.

Varian diesel sangat pas bagi Anda yang ingin menikmati perjalanan healing dengan nyaman dan tidak khawatir kekurangan tenaga di jalan yang sulit, seperti di wilayah pegunungan. Khususnya opsi transmisi otomatis 6-speed yang nyaman dan bertenaga.

Hanya tersedia di tipe High, ada grille hitam dan kokoh berdesain square beserta head lamp multirelfektor mengotak yang menegaskan kesan klasik, ditambah LED projector with DRL. Anda pasti langsung teringat pada SUV legendaris Land Cruiser 70 begitu melihatnya.

Bumper modular 3-pieces memperkuat kesan tangguh dan sudut bumper yang menyiku ke belakang memberikan keleluasaan manuver dan mengurangi risiko benturan. Kaca spion samping dengan sistem elektrik dan velg steel black 16 inchi, membuatnya tampil atraktif.

Toyota Customization Option (TCO) akan meningkatkan penampilan mobil serta fungsionalitasnya. Berikut daftarnya: Outer Mirror Cover, Front Corner Sensor, Cover Glove Box, Bed Liner, IP Garnish, Side Visor, Sporty Shift Knob, dan Toyota Emblem.

Di kabin, sama dengan Hilux Rangga milik Jajago, pelanggan bisa mendesain sesuai keinginannya. Tidak perlu ragu karena Toyota bekerja sama dengan lebih dari 80 karoseri lokal untuk memenuhi kebutuhan konversi sebagai motorhome.

Terkait biaya konversi campervan, tergantung pada keinginan pelanggan, ingin seperti apa bentuk mobil dan fasilitas yang dimiliki. Semakin lengkap dan canggih, jelas akan membuatnya lebih mahal.

Anda tidak perlu khawatir urusan servis berkala dan perbaikan kendaraan ketika keliling Indonesia bersama Hilux Rangga. Ada 312 bengkel resmi, 37 bengkel OtoXpert, dan lebih dari 1.000 part shop partner, serta bebas biaya jasa dan suku cadang hingga 6 bulan/10.000 km.

Secara terpisah, Toyota memberikan warranty untuk sasis, kaki-kaki, dan drive train (mesin, transmisi, propeller shaft, dan as roda) selama 3 tahun atau 60.000 km, bersama warranty karoseri untuk bodi campervan.

Latest Article
Back to top