Skip to main content

Search Modal

Bak Cendawan di Musim Hujan, Pahami Pemicu Karat di Bodi Mobil dan Solusi Mencegahnya, Kolong Mobil Paling Rawan Karat

Main Area

Main

Bak Cendawan di Musim Hujan, Pahami Pemicu Karat di Bodi Mobil dan Solusi Mencegahnya, Kolong Mobil Paling Rawan Karat

Bodi mobil berisiko keropos akibat terserang karat. Masalahnya, karat sering tidak terdeteksi dan menjadi masalah besar ketika sudah menyebar. Kalau sudah menjamur, butuh perbaikan yang kompleks dan mahal, apalagi kalau sampai bodi mobil keropos.

Untuk diketahui, karat merupakan hasil korosi, yaitu proses oksidasi pada logam yang cepat menyebar dan memiliki efek samping yang merugikan. Serangan karat sulit untuk dideteksi dan menjadi masalah besar bila tidak segera ditangani, seperti bodi keropos dan rapuh.

Kolong Mobil Paling Rawan Karat

Kolong mobil adalah bagian yang paling rawan karat, khususnya sasis atau rangka, akibat sering terkena kotoran dari cipratan roda saat melintasi jalan basah. Engsel pintu juga merupakan jalur air lewat sehingga sering dalam kondisi basah dan mudah muncul karat bila tidak dibersihkan.

Setiap mobil memiliki jalur air agar tidak menggenang, tetapi bila tidak dikeringkan berpotensi menimbulkan karat. Selanjutnya adalah atap yang paling sering terkena air hujan tapi lupa dibersihkan. Ruang mesin berisiko karatan karena kotoran yang naik dari kaki-kaki depan.

Pemicu Karat Tumbuh di Mobil

Air hujan memiliki kandungan mineral yang tinggi, sehingga punya sifat korosif yang dapat mengikis lapisan cat mobil. Ditambah, tingkat keasaman hujan di daerah perkotaan juga tergolong tinggi. Air laut memiliki kandungan mineral yang tinggi, sehingga meningkatkan risiko karatan.

Kerak di bodi mobil yang lama tidak dicuci, akan mengikis permukaan cat saat dibersihkan dan menjadi pintu masuk karat. Selain itu, baret di bodi mobil membuat lapisan pelindungnya pudar. Akibatnya, panel bodi tidak lagi terlindungi dari proses oksidasi lingkungan di sekitar mobil.

Proses mencuci mobil yang tidak tepat merupakan pintu masuk tumbuhnya karat. Seperti kualitas air tanah dengan kandungan mineral yang tinggi serta alat cuci dan cairan pembersih yang abrasif, memberi peluang mengikis pelindung cat dan anti karat.

Cegah Karat Tumbuh di Bodi Mobil

Rutin mencuci mobil merupakan langkah awal yang krusial. Jangan mencuci di bawah terik matahari yang membuat air cepat menguap padahal kotoran masih menempel. Hindari mencuci di bawah pohon karena ada risiko terkena getah pohon atau kotoran binatang, atau mencuci di malam hari karena mobil susah kering dan menjadi lembap.

Gunakan alat yang sesuai, seperti kain lap kanebo untuk mengelap air, beserta kain mikrofiber di tahap akhir supaya sepenuhnya kering. Manfaatkan sikat kawat berbahan plastik dan bahan pembersih non abrasif supaya tidak mengikis lapisan anti karat.

Perhatikan pula sumber air yang digunakan untuk mencuci mobil. Air yang kotor akan memicu timbulnya karat serta kerak di bodi dan kaca mobil. Jangan paksakan memakai air tanah yang kurang layak karena memperbesar potensi karat.

Pastikan tidak ada yang terlewatkan, terutama bagian kolong yang rentan karat. Pastikan bodi mobil kering dan tidak ada sisa air yang dapat memicu water spot. Lakukan inspeksi bodi mobil jika ada potensi karat yang ditandai dengan noktah berwarna merah di permukaan logam yang mengelupas saat dikerok.

Ada pemilik mobil yang membiarkan bodi mobil yang lecet atau baret ringan akibat kecelakaan. Padahal, meskipun luka di bodi mobil hanya sedikit, tapi merupakan pintu masuk karat. Segera perbaiki bodi mobil yang rusak dengan membawanya ke fasilitas perbaikan bodi mobil bengkel resmi Toyota.

Sebenarnya lapisan cat di bodi mobil sudah memiliki lapisan pelindung. Masalahnya, seiring waktu lapisan pelindung bakal terkikis dan memudar. Ditambah tidak apik dalam merawat kendaraan, solusinya adalah dengan memberikan lapisan pelindung cat alias paint protecion.

Berikutnya, melapiskan ulang lapisan anti karat di bawah dek, kaki-kaki mobil, dan bagian dalam sepatbor, ditambah rongga di dalam ruang mesin dan panel pintu. Bisa dilakukan di bengkel resmi Toyota, perlindungan terhadap karat tetap terjaga optimal.

Latest Article
Back to top