Skip to main content

Search Modal

Alasan Servis Berkala Penting Untuk Menjaga Kondisi Mobil, Bagaimana dengan Kendaraan Elektrifikasi?

Main Area

Main

Alasan Servis Berkala Penting Untuk Menjaga Kondisi Mobil, Bagaimana dengan Kendaraan Elektrifikasi?

Setelah membeli mobil baru di outlet Toyota, Anda tidak bisa seenaknya memakai mobil tanpa memperhatikan perawatannya. Akibat pemakaian, komponen kendaraan akan mengalami penurunan kinerja. Cairan kendaraan juga akan mengalami penurunan kualitas. Sementara suku cadang yang bergesekan akan mengalami keausan.

 

Jika dibiarkan, performa mobil akan turun yang berisiko mogok ketika komponen tersebut gagal bekerja, bahkan memicu kecelakaan. Toyota merekomendasikan untuk melakukan perawatan mobil lewat servis berkala, yaitu perawatan rutin yang dilakukan pada kendaraan Toyota agar tetap sehat dan terawat, di jaringan bengkel resmi Toyota atau order layanan Toyota Mobile Service (TMS) di rumah pelanggan.

 

Mengapa Servis Berkala Penting?

 

Servis berkala berguna untuk menjaga performa mobil agar tetap aman dan nyaman ketika dipakai, serta mesin bertenaga dan hemat bensin karena selalu dalam kondisi prima. Aktivitas rutin setiap 6 bulan ini juga dapat segera mendeteksi potensi masalah agar dapat diambil langkah perbaikan. Dengan begitu, biaya lebih besar karena kerusakan semakin berat atau mobil mogok dapat dihindari.

 

Servis berkala memastikan klaim garansi tidak gugur jika terjadi kerusakan karena rekaman perawatan dan perbaikan mobil tercatat dengan baik. Sangat penting untuk pelanggan di Indonesia adalah terkait resale value atau harga jual kembali. Servis berkala membuat harga jual kembali mobil ikut terjaga karena track record-nya dapat dicek oleh calon pembeli sebagai bukti Anda serius merawat mobil.

 

Interval Servis Berkala di Bengkel Resmi Toyota

 

Toyota merekomendasikan waktu servis berkala adalah pada 1 bulan pertama, dan setiap kelipatan 6 bulan selama masa kepemilikan mobil. Interval servis berkala berdasarkan durasi pemakaian lebih dianjurkan lantaran mobil di kota besar sering terkena macet dan mesin bekerja dalam waktu yang lama padahal jarak tempuh relatif rendah.

 

Alhasil, jarak tempuh tidak bisa sepenuhnya dijadikan patokan periode servis berkala karena aktualnya mesin bekerja jauh lebih berat saat idle di jalan. Namun andai ternyata jarak tempuh mobil sudah mencapai 10.000 km atau kelipatannya sebelum periode 6 bulan, sebaiknya segera servis berkala di bengkel resmi Toyota.

 

Sebagai catatan, ketika mobil tidak dipakai dalam jangka waktu lama, oksidasi akan membuat senyawa kimia pada oli dan cairan lainnya berubah hingga rusak. Beberapa parts mekanis juga berisiko bermasalah akibat menumpuknya debu dan potensi munculnya karat. Oleh karena itu, tetap lakukan servis berkala sesuai rekomendasi Toyota meskipun mobil lebih banyak parkir di rumah.

 

Oh ya, servis berkala 1 bulan pertama setelah mobil diterima pelanggan juga tidak kalah penting karena dilakukan pengecekan seluruh komponen kendaraan. Servis berkala ini merupakan deteksi dini kondisi mobil sehingga bila ada kerusakan, tidak akan bertambah besar dan menjalar di mana pelanggan terhindar dari biaya perbaikan karena gratis.

 

Servis berkala 1 bulan pertama merupakan salah satu pertimbangan pemberian warranty karena syarat utamanya adalah rutin servis berkala di bengkel resmi Toyota. Selain itu, servis berkala 1 bulan pertama juga menjadi syarat disetujuinya program T-CARE dari Toyota untuk memberikan peace of mind kepada pelanggan.

 

Pekerjaan Saat Servis Berkala

 

Yang rutin dikerjakan di antaranya adalah ganti oli dan filter mesin, filter udara, timah balancing roda, dan uji emisi untuk diagnosa kondisi mesin. Sementara komponen mesin lain seperti busi, oli transmisi dan lainnya yang masuk ke dalam komponen yang wajib diganti saat servis berkala, akan diganti sesuai periode servis yang ditetapkan Toyota.

 

Dilakukan pula pengecekan terhadap komponen mesin sesuai masa pemakaian kendaraan dan analisa hasil uji emisi. Kemudian dilakukan penyetelan komponen mesin sesuai standar yang berlaku untuk mobil Toyota, serta pemeriksaan dan pemeliharaan lengkap seluruh suku cadang mobil. Jika ditemukan ada onderdil kendaraan yang rusak, bengkel resmi Toyota akan merekomendasikan penggantian komponen tersebut.

 

Informasi lebih lengkap mengenai servis berkala, dapat dipelajari di Buku Kepemilikan Kendaraan Toyota yang diberikan saat serah terima mobil baru. Buku perawatan mobil Toyota harus disimpan dengan baik dan dibawa saat servis berkala sebagai catatan pengerjaan dan bukti klaim warranty.

 

Servis Berkala Kendaraan Elektrifikasi Toyota

 

Memang kendaraan elektrifikasi (xEV) Toyota menggunakan teknologi modern dan canggih. Tapi pada dasarnya, seluruh xEV Toyota akan menjalankan periode servis berkala yang sama yaitu setiap 6 bulan atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Komponen yang diperiksa pun sama, ditambah onderdil yang hanya ada di xEV seperti baterai, motor listrik, charging system, dan sistem pengendali kinerja xEV Toyota.

 

Seluruh komponen di atas akan diperiksa, dirawat, dan diganti sesuai periode servis berkala yang telah ditentukan. Pelanggan tidak perlu khawatir perihal perawatan BEV, HEV, dan PHEV Toyota karena dikerjakan oleh bengkel resmi Toyota yang qualified dan telah memenuhi standar Toyota global, baik fasilitas bengkel dan man power, ditambah parts pengganti orisinal Toyota.

 

Program T-CARE Untuk Kemudahan Servis Berkala

 

PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan program after sales T-CARE yang memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan servis berkala. Dalam paketnya, program T-CARE memberikan bebas biaya jasa dan parts sebanyak 7x servis (dari servis berkala ke-1 hingga ke-7, maksimal 3 tahun / 60.000 km) untuk seluruh kendaraan Toyota, kecuali Agya, Calya, Dyna, Transmover, Etios, dan Limo.

 

Benefit program T-CARE adalah gratis biaya servis berkala karena selama 3 tahun atau 60.000 km, pemilik mobil Toyota tidak perlu biaya untuk membayar jasa dan parts ketika servis berkala dan hanya biaya perbaikan mobil jika ada kerusakan. Program T-CARE juga memberikan rasa tenang kepada pemilik xEV Toyota karena mendapatkan kemudahan yang sama, termasuk untuk komponen khusus elektrifikasi.

 

Pemilik All New Agya dan New Calya mulai bulan Januari 2023 memperoleh program T-CARE Lite yaitu bebas biaya jasa sampai servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 km). Sekarang, pemilik keduanya mendapatkan kesempatan menikmati program T-CARE dengan membeli paket T-CARE Lite+ yang merupakan paket hemat biaya suku cadang dari servis berkala ke-2 sampai ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 km).

Latest Article
Back to top