Skip to main content

Search Modal

9 Tahun Melengkapi Keluarga Indonesia, Duo MPV Luxury Toyota Konsisten Menjadi Market Leader

Main Area

Main

9 Tahun Melengkapi Keluarga Indonesia, Duo MPV Luxury Toyota Konsisten Menjadi Market Leader

Jakarta – Membukukan pangsa pasar 90,4% dalam pasar MPV Luxury dalam kurun waktu Januari - April 2017, Toyota menjaga konsistensi dalam memimpin pasar dalam 9 tahun terakhir melalui Alphard dan Vellfire. PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan Alphard sejak tahun 2008, dan semakin dilengkapi dengan hadirnya  All New Vellfire dan All New Alphard Hybrid.
 
Alphard dan Vellfire diluncurkan oleh Toyota untuk melengkapi jajaran Multi Purpose Vehicle (MPV) khusus untuk pasar Jepang pada tahun 2002. Permintaan kedua MPV tersebut kian meningkat setiap tahunnya tidak hanya di Jepang, melainkan di 16 Negara, salah satunya di Indonesia. Kedua-nya mampu mencetak prestasi dengan mendominasi pasar MPV premium Toyota di Indonesia, mengingat budaya ‘guyub’ atau kumpul bersama sangat melekat di masyarakat Indonesia, ditambah peningkatan permintaan akan kendaraan MPV premium dengan memiliki kabin mewah serta kekedapan suara yang mampu menyaring suara bising dari luar.
 
PT Toyota Astra Motor (TAM) kian melengkapi jajaran MPV Luxury dengan menghadirkan Alphard ditahun 2008 dengan teknologi electric sliding door, CVT, cruise control, serta didukung dengan fasilitas mewah seperti sunroof, leather seat, dan premium audio system didalamya. Melalui kehadiran Alphard ditengah pasar otomotif Indonesia saat itu, PT Toyota Astra Motor (TAM) optimis mampu memenuhi kebutuhan konsumen di Tanah Air, khususnya disegmen MPV Luxury.
 
Sejak diluncurkan hingga tahun 2009, Alphard mendapatkan sambutan positif dari konsumen di Indonesia, terbukti dengan peningkatan market share sebesar 65,0%. Untuk menjaga konsistensi market share Alphard, Toyota terus hadirkan fitur terlengkap dikelasnya. Empat tahun berikutnya, tahun 2012, Alphard mencetak rekor market share terbesar yaitu 71,1% dengan penjualan sebanyak 2.833 unit.
 
Sebagai wujud apresiasi kepada pengguna setianya, Toyota melakukan penyegaran secara keseluruhan serta peningkatan teknologi melalui  peluncuran All New Alphard dan All New Vellfire ditahun 2015. Di tahun yang sama, Toyota melengkapi pilihan All New Alphard dengan meluncurkan varian hybrid. Melalui kedua model MPV Luxury tersebut, Toyota semakin optimis untuk terus konsisten mendominasi pangsa pasar. Kedua model terbaru ini mampu meningkatkan market share Toyota di pasar premium MPV hingga sebesar 82,2%.
 
Konsistensi Alphard dan Vellfire dalam memberikan inovasi teknologi setiap tahun tanpa henti, mampu meningkatkan market share ditahun 2016 (86,5%) menjadi 90,4% pada Januari hingga April 2017. Alphard (tipe G, X) dan Vellfire (tipe G, G Limited) di pasok oleh mesin 2AR-FE berkapasitas 2,494cc, sedangkan Alphard (tipe Q) di pasok dengan mesin 2GR-FE berkapasitas 3,456cc.

Latest Article
Back to top